[SALAH] Pesan Berantai PT MOSI Tawarkan Rapid Test Kit COVID-19

Forum Humas BUMN melalui akun Twitter (@ForHumBUMN) dan Instagramnya (@forumhumasbumn) sudah membantah kebenaran pesan berantai atas nama PT MOSI tersebut. Akun tersebut menyatakan BUMN tidak pernah bekerja sama dengan PT MOSI untuk mendatangkan Rapid Test Kit.

=====

Kategori: Fabricated Content/Konten Palsu

=====

Sumber: Whatsapp

=====

Narasi:

“Dear bapak/ibu

dalam masa pandemic ini, kami PT

Mutiara Optima Sinergi Indonesia (MOSI)

ingin menyampaikan, bahwa PT MOSI

saat ini bekerja sama dengan beberapa

BUMN untuk mendatangkan Rapid Test

kit Covid-19 uangvakan tersedia dalam

2 minggu kedepan. Rapid Test ini akan

sangat membantu masyarakat maupun

karyawan perihal dalam menekan

kepanikan dan anjuran masyarakat

yg mendatangi Rumah Sakit untuk

kepastian gejala gejala yg dirasakan

masing-masing orang.

Dengan pesan ini kami siap membantu

perusahaan bapak/ibu dalam

pemenuhan alat Rapid Test ini.

Silahkan memberikan informasi

kebutuhan yang diperlukan kepada

kami, dengan membalas WA ini, dan

menyebutkan JUMLAH yang dibutuhkan

(minimum per 100 buah).

Demikian kami sampaikan, semoga

pandemic ini berlalu secepatnya.

Salam,

Eddy Robin”

=====

Penjelasan:

Beredar pesan berantai atas nama PT Mutiara Optima Sinergi Indonesia (MOSI) yang mengklaim bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan beberapa BUMN untuk mendatangkan Rapid Test Kit.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa informasi dalam pesan berantai itu tidak benar. Sebab, informasi dalam pesan berantai tersebut sudah dibantah oleh pihak Forum Humas BUMN. Melalui akun media sosialnya, yakni di Twitter (@ForHumBUMN) dan Instagram (@forumhumasbumn), menyatakan bahwa pihak BUMN tidak pernah bekerja sama dengan PT MOSI untuk pengadaan Rapid Test Kit.

“Beredar pesan pendek mengatasnamakan PT Mutiara Optima Sinergi Indonesia (MOSI) yang menyatakan bekerja sama dengan BUMN untuk mendatangkan alat rapid test kit COVID-19,” tulis Forum Humas BUMN dalam media sosial Twitter dan Instagramnya.

Lebih lanjut, Forum Humas BUMN mengimbau kepada masyarakat agar mengabaikan pesan berantai tersebut bilamana menerima pesan tersebut. “Jika kamu pernah mendapatkan pesan tersebut silakan diabaikan saja karena merupakan penipuan sebab BUMN tidak pernah bekerja sama dengan perusahaan tersebut untuk mendatangkan alat yang dimaksud,” tulis pihak Forum Humas BUMN.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan konten pesan berantai atas nama PT MOSI tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Fabricated Content atau Konten Palsu.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1159114524421081/

https://www.kominfo.go.id/content/detail/25735/hoaks-mengatasnamakan-pt-mosi-bekerjasama-dengan-bumn-mendatangkan-alat-rapid-test-covid-19/0/laporan_isu_hoaks

https://cirebon.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-04365040/cek-fakta-beredar-pesan-pt-mosi-siap-sediakan-alat-rapid-test-covid-19-berikut-faktanya