[SALAH] Video “Pertama Kali dalam Sejarah Presiden dan Senat AS Membuka Sidang Dengan Alquran”

Video tersebut bukan sidang antara Presiden Ameriksa Serikat (AS) dengan Senat AS. Video itu merupakan kegiatan pada 21 Januari 2017 dalam acara National Prayer Service di Washington National Cathedral.

=====

Kategori: False Context/Konten yang Salah

=====

Sumber: Whatsapp

=====

Narasi:

Narasi ada dalam video. Berikut narasinya:

“SubhanAllah

Pertama kali dalam sejarah

Presiden dan Senat AS membuka

sidang dengan ALQUR’AN”

=====

Penjelasan:

Beredar melalui pesan berantai di Whatsapp sebuah video yang menampilkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menghadiri sebuah acara. Dalam narasi yang tertera di video itu tertulis klaim bahwa acara itu merupakan sidang antara Presiden Donald Trump dengan Senat AS yang dibuka dengan pembacaan Al Quran.

Melalui hasil penelusuran, diketahui bahwa klaim tersebut tidak benar. Diketahui bahwa peristiwa dalam video bukanlah sidang antara Presiden Donald Trump dengan Senat AS. Video itu merupakan pelaksanaan acara National Prayer Service di Washington National Cathedral yang dihadiri oleh Donald Trump dan istrinya, Melania Trump.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2017 itu merupakan kegiatan tradisi berdoa di Amerika Serikat selepas terpilihnya Presiden AS yang baru. Pada kegiatan itu, sejumlah pemuka agama dari berbagai agama hadir, termasuk Imam Mohamed Magid dari All Dulles Area Muslim Society Center, yang mewakili Agama Islam.

Pada acara itu, Magid membacakan Surat Al-Hujurat ayat 13 dan Surat Ar-Rum ayat 22. Pemilihan kedua surat itu diyakini sebagai pesan dari Magid kepada Trump yang kala itu diisukan akan mendaftar umat muslim untuk memonitor kegiatan ibadah mereka di AS.

Berdasarkan penjelasan itu, maka klaim bahwa video itu mengenai pembacaan Al Quran saat sidang antara Presiden dengan Senat AS tidak benar. Oleh sebab itu, maka konten tersebut masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1159063844426149/

https://www.youtube.com/watch?v=cCnYchWoIEY&t=2149s (Channel Fox 10 Phoenix)

https://abcnews.go.com/Politics/president-donald-trump-attend-national-prayer-service/story?id=44941276

https://www.washingtonpost.com/news/post-politics/wp/2017/01/21/trump-attends-interfaith-prayer-service-in-washington-as-a-massive-crowd-protests-his-presidency/

https://www.liputan6.com/global/read/2835518/ini-ekspresi-donald-trump-saat-dengar-lantunan-ayat-suci-alquran