[SALAH] Akun Instagram Mengatasnamakan BNPB Minta Sumbangan Dana

Beredar sebuah akun Instagram yang mengatasnamakan BPNB “BNPB Provinsi”. Dalam keterangan yang dimuat, bahwa bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan bisa mengirimkan uang ke nomor rekening yang dicantumkan akun @BNPBProvinsi. Menanggapi adanya akun tersebut, BNPB secara resmi melalui media sosial Instagram menyatakan bahwa akun yang mengatasnamakan BNPB tersebut adalah akun palsu.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

===

PENJELASAN: Muncul sebuah akun Instagran mengatasnamakan BNPB @BNPBProvinsi. Dalam keterangan yang dimuat oleh akun Instagram @BNPBProvinsi, bahwa bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan bisa mengirimkan uang ke rekening yang dicantumkan akun tersebut. Menurut pemilik akun, nantinya dana yang terkumpul akan disimpan untuk dijadikan uang kas negara.

Menanggapi adanya akun yang mengatasnamakan instansinya, BNPB pun akhirnya angkat bicara. Melalui akun Instagram resmi milik BNPB @bnpb_indonesia, dinyatakan bahwa akun tersebut adalah akun palsu. BNPB menghimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menerima informasi. Berikut keterangan resmi yang diberikan oleh BNPB:

#SahabatTangguh mimin mau mengingatkan, saat ini ada orang-orang yang memanfaatkan kondisi ini untuk mengambil keuntungan.
BNPB tidak pernah menerima donatur melalui rekening pribadi atau perorangan. **
Adapun bantuan uang untuk transfer dalam negeri hanya melalui:

Bank BRI 0329 – 01 – 004314 – 30 – 6
Nama rekening: RPL 175 PDHL BNPB COVID-19 DN.
**
Tetap hati-hati dan waspada ya

===

REFERENSI:

https://radarbali.jawapos.com/read/2020/04/12/188519/awas-pasien-positif-di-bali-tambah-2-orang-muncul-akun-donasi-palsu