[SALAH] “daerah jakarta selatan kemungkinan terjadi pemadaman listrik”

General Manager PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jakarta Raya M Ikhsan Asaad, menegaskan bahwa tidak ada pemadaman listrik di Jakarta Selatan akibat kebakaran kabel tanah di jalan Panglima Polim seperti pesan yang beredar.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=============================================

Beredar informasi di aplikasi percakapan Whatsapp sebagai berikut:

“Sekedar menginfokan : Di himbau barang x ada yg punya saudara atau kerabat di daerah jakarta selatan untuk mempersiapkan alat penerangan seperti lilin dan sebagai nya kemungkinan terjadi pemadaman listrik…,karna telah terjadi peristiwa kabel PLN di bawah tanah meledak…,tepat nya di jalan Fatmawati Raya ( Ujung Jalan Cipete Raya ) Harap Maklum”

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa kemungkinan akan terjadi pemadaman listrik di daerah Jakarta Selatan akibat kabel PLN di bawah tanah meledak, tepat nya di jalan Fatmawati Raya ( Ujung Jalan Cipete Raya ) adalah klaim yang keliru.

General Manager PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jakarta Raya M Ikhsan Asaad, menegaskan bahwa tidak ada pemadaman listrik di Jakarta Selatan akibat kebakaran kabel tanah di jalan Panglima Polim seperti pesan yang beredar.

“Tidak ada itu [pemadaman]. Bukan imbas dari situ,” kata Ikhsan saat dihubungi, Senin (13/4).

“Hanya ada 1 pelanggan saja yang padam akibat kebakaran kabel tanah tersebut dan pukul 11.10 juga sudah normal kembali. Bukan di Cipete Raya, tapi Panglima Polim” tambah Ikhsan.

Kabel di Jalan Panglima Polim itu korslet lalu menimbulkan asap tebal dan percikan api yang cukup. Warga di sekitar lokasi sempat lari menjauhi lokasi. Ikhsan menjelaskan, kabel yang korslet merupakan kabel dalam saluran rumah menuju ke salah satu ruko di lokasi. Kabel itu memang berada di bawah tanah.

“Kabelnya underground itu aja yang korslet di bawah dan tidak mengganggu jaringan lainnya,” imbuh dia.

Ikhsan meminta warga tidak perlu panik dengan kejadian itu. Petugas PLN sudah berada di lokasi untuk melakukan perbaikan dan memastikan semua sistem jaringan listrik aman.

“Tolong disampaikan ke masyarakat, tidak perlu khawatir. Semua aman,” ucap dia.

Mewakili PLN, Ikhsan juga menyampaikan permohonan maaf atas terbakarnya kabel di Panglima Polim. Dia juga menegaskan bahwa kondisi listrik di wilayah Jaksel masih normal tanpa gangguan dan tidak ada pemadaman secara meluas akibat peristiwa tersebut.

“PLN mohon maaf atas peristiwa terbakarnya kabel tanah di kawasan Panglima Polim, dan menegaskan kembali bahwa tidak ada pemadaman listrik meluas di Jakarta Selatan akibat kebakaran kabel tanah tersebut, kondisi listrik di Jakarta selatan saat ini sudah normal tanpa ada gangguan,” kata Ikhsan.

REFERENSI
https://kumparan.com/kumparannews/pln-tak-ada-sistem-yang-terganggu-akibat-kabel-terbakar-di-panglima-polim-1tDOS24izkB
https://www.liputan6.com/bisnis/read/4226356/pln-pastikan-info-pemadaman-listrik-di-jakarta-selatan-hoaks
https://news.detik.com/berita/d-4975307/pln-pemadaman-di-jaksel-terkait-ledakan-kabel-di-panglima-polim-hoax/2

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo