[SALAH] Video “Penyebab listrik mati sebanjaran”

Video yang dibagikan adalah unggahan tahun 2019, tidak terkait dengan gangguan SUTT yang berimbas ke Kalsel dan Kalteng pada 19 Jan 2020.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH (facebook.com/groups/fafhh), Instagram Story menggunakan video yang sebelumnya dibagikan di aplikasi “Likee” (likee.com).

======

NARASI

“Penyebab listrik mati sebanjaran”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

* Video yang dibagikan adalah unggahan tahun 2019, tidak terkait dengan gangguan SUTT yang berimbas ke Kalsel dan Kalteng pada 19 Jan 2020.


(2) Salah satu sumber video, YouTube: “new video khofnak manzar

32 views • Dec 25, 2019

M TV videos”.

Video di http://bit.ly/38pTnhZ / http://archive.md/aCAUw (arsip cadangan).


(3) Liputan 6 @ 19 Jan 2020, 18:51 WIB: “Liputan6.com, Palangka Raya – Gangguan jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) di jalur antara Gardu Induk (GI) Rantau dan GI Barikin Provinsi Kalimantan Selatan menyebabkan aliran listrik di Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan padam.”

Selengkapnya di “Jalur Transmisi Tersambar Petir, Beberapa Wilayah di Kalsel dan Kalteng Mati Lampu” http://bit.ly/3aqojAx / http://archive.md/LJcrv (arsip cadangan).

======

REFERENSI

(1) KOMPAS.com: “BANJARMASIN, KOMPAS.com – Sebagian Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng) mengalami pemadaman listrik dari PLN.

Pemadaman sudah berlangsung sejak, Minggu (19/1/2020) pukul 17.00 Wita.

Humas PLN Wilayah Kalselteng, Muhammad Averroes mengatakan, pemadaman terjadi akibat gangguan jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 Kilo Volt (KV) di jalur antara Gardu Induk (GI) Rantau dan GI Barikin.

Indikasi awal gangguan, kata Averroes, disebabkan oleh sambaran petir pada jalur transmisi SUTT 150 KV tersebut.”

Selengkapnya di “Jalur SUTT PLN Tersambar Petir, Sebagian Wilayah Kalsel dan Kalteng Padam” http://bit.ly/38pTYAf / http://archive.md/K7KiN (arsip cadangan).


(2) Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.