[SALAH] Video Hasil Operasi Usus Buntu Penuh Boba

Organ yang ada dalam video bukan usus buntu melainkan empedu, dan benda berwarna bulat kehitaman juga bukan Boba melainkan batu empedu.

=====

Kategori: False Context/Konten yang Salah

=====

Sumber: Whatsapp

=====

Narasi:

Hasil operasi usus buntu dan didapatkan Bubble Tea yg TIDAK bisa hancur “Xi Bo Ba”.

Kurangi kunsumsi Bubble Tea sebelum terlambat.

=====

Penjelasan:

Beredar video yang memperlihatkan organ dalam dengan benda bulat berlendir berwarna kehitam-hitaman. Pada narasi yang menyertai video itu disebutkan bahwa video itu merupakan hasil operasi usus buntu yang berisikan Boba.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa klaim video tersebut tidak benar. Menurut Ahli pencernaan Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), lebih meyakini gambar yang ditampilkan dalam video tersebut adalah kantung empedu. Karenanya, tidak masuk akal bila dikaitkan dengan boba atau bola-bola tapioka yang sedang ngehits sebagai topping minuman-minuman kekinian.

“Boba itu terbuat dari karbohidrat, sedangkan apa yang ada di dalam kantung empedu itu adalah kolesterol. Jadi, bisa dikatakan bahwa itu sudah pasti bukan boba dan bisa dibilang itu adalah informasi hoaks,” tegasnya.

Dokter Ari kembali menegaskan, benda dalam video merupakan batu yang ada di kantung empedu. “Walau mirip dengan boba secara kasat mata, tapi itu bukan boba, itu batu empedu,” kata dia.

Adapun, sebagai pengetahuan, untuk dapat membedakan batu empedu dapat dilihat dari jenisnya. Berikut dua jenis batu empedu:

1. Batu empedu kolesterol

Ini merupakan jenis yang paling umum dan sering tampak berwarna kuning. Sebagian besar terdiri dari kolesterol yang tidak larut, tapi mungkin juga mengandung komponen lain.

2. Batu empedu pigmen

Batu empedu jenis ini terbuat dari bilirubin berlebih atau pigmen yang terbentuk selama pemecahan sel darah merah. Batu-batu ini biasanya berwarna coklat atau hitam gelap.

Bedasarkan hal tersebut, maka dapat dikatakan bahwa video yang beredar bukan organ usus buntu yang berisikan boba, melainkan empedu dengan batu empedu. Atas dasar itu, maka konten video tersebut masuk kategori False Context atau Konten yang Salah.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1093692294296638/

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4865633/ahli-pencernaan-tak-mungkin-boba-ada-di-kantung-empedu

https://lifestyle.okezone.com/read/2020/01/20/481/2155512/video-diduga-boba-keluar-dari-kantung-empedu-itu-hoax-ini-penjelasan-dokter?page=2

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4866078/ini-lho-jenis-batu-empedu-yang-sering-dikira-boba

https://tirto.id/penyakit-batu-empedu-kenali-gejala-penyebab-dan-pengobatannya-dcob