[SALAH] Foto Selebaran “WASPADA PENCULIKAN ANAK” Polresta Sidoarjo

Selain sudah diklarifikasi oleh yang terkait, foto anak yang digunakan berasal dari situs penyedia foto yang biasa digunakan untuk keperluan ilustrasi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

http://bit.ly/2veM26V / http://archive.md/dsGE4 (arsip cadangan) akun “Angga Saputra” (facebook.com/angga.jamesdasilva), sudah dibagikan 969 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

– (tidak ada).

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

* Foto yang dibagikan adalah tangkapan layar dari foto hasil suntingan, menggunakan foto dari situs penyedia foto yang biasa digunakan untuk keperluan ilustrasi.


(2) Sumber foto anak, alamy: “Scared young girl with an adult man’s hand covering her mouth

Contributor: Luis Louro / Alamy Stock Photo
Image ID: DX624RFile size: 103.4 MB (3.3 MB Compressed download) Dimensions: 4912 x 7360 px | 41.6 x 62.3 cm | 16.4 x 24.5 inches | 300dpiReleases: Model – yes | Property – no Do I need a release?
More information:
Scared young girl with an adult man’s hand covering her mouth
Date taken: 5 March 2014″.

“Scared young girl with an adult man’s hand covering her mouth – Image ID: DX624R” http://bit.ly/30GCHjE / http://archive.md/44V0I (arsip cadangan).


(3) http://bit.ly/36c2cKN / http://archive.md/sLqcj (arsip cadangan), @polresta_sidoarjo: “Selebaran yang beredar di medsos tentang dugaan aksi penculikan di wilayah Sidoarjo adalah HOAX, masyarakat tidak perlu resah, Polisi selalu Bersama Anda. Polresta Sidoarjo sudah melakukan patroli dan penjagaan ke sekolah-sekolah pada saat jam berangkat dan pulang sekolah

Jika menemukan kejadian mencurigakan, silakan hubungi Call Center : 110, HP 08155100110 dan aplikasi Delta Siap (bisa di download via android)”.

======

REFERENSI

(1) antaranews.com: “Klaim: Selebaran dari Polresta Sidoarjo untuk mewaspadai penculikan anak berusia satu hingga 12 tahun

Rating : Hoaks”

Selengkapnya di “Hoaks, selebaran waspadai penculikan anak dari Polresta Sidoarjo” http://bit.ly/2v40u1d / http://archive.md/ThalD (arsip cadangan).


(2) Permintaan post dari salah satu anggota FAFHH (facebook.com/groups/fafhh).