[KLARIFIKASI] Namanya Dicatut Terkait Kondisi Bendungan Bili-bili, Bupati Gowa Angkat Bicara

Sebuah pesan berantai mencatut nama Bupati Gowa ramai menjadi buah bibir. Pasalnya dalam pesan tersebut dijelaskan mengenai kondisi Bendungan Bili-bili yang berstatus waspada. Namun pesan tersebut langsung mendapat bantahan dari pihak terkait yakni Bupati Gowa yang menyatakan bahwa kondisi Bendungan Bili-bili dalam batas normal.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: KLARIFIKASI

===

SUMBER:

Sumber Isu: Media Sosial Facebook dan Pesan Berantai Whatsapp

Sumber Klarifikasi: Media Daring

===

NARASI:

Narasi Isu:

BUPATI GOWA ;

Masyarakat Gowa & sekitarnya yang Saya cintai..
Saya ingin menginformasikan bahwa kondisi Bendungan Bili-bili saat ini di tetapkan menjadi *WASPADA* disebabkan ketinggian air sudah mencapai 101,36 mtr. Sehingga saat ini dilakukan pembukaan pintu air, yang tentunya akan berdampak Banjir yang cukup tinggi. Olehnya itu Saya menghimbau agar masyarakat mengungsi dulu dari aliran Hilir bendungan Bili-bili, sambil kita sama2 berdoa kpd Allah SWT agar curah hujan normal kembali dan kita semua selalu dlm lindungan Allah SWT.. Amiinnnnnnnnnnnnnnnnnn!

Narasi Klarifikasi:

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan: “Itu mungkin peringatan tahun lalu. Entah dari mana dan siapa yang mengedarkan informasi itu lagi. Saat ini kondisi di Bendungan Bili-bili, debit airnya masih di bawah batas normal,”.

===

PENJELASAN: Sebuah pesan berantai beredar di kalangan masyarakat dengan mencatut nama Bupati Gowa. Menurut pesan yang beredar, saat ini kondisi Bendungan Bili-bili, Desa Moncongloe, Kecamatan Bontomarannu tengah berstatus waspada. Sehingga meminta masyarakat sekitar untuk bersiap dengan kondisi tersebut.

Namun hal tersebut langsung mendapat bantahan dari pihak terkait. Melansir dari cakrawalainfo.id, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menegaskan bahwa ketinggian air di Bendungan Bili-bili saat ini masih di bawah batas normal.

“Itu mungkin peringatan tahun lalu. Entah dari mana dan siapa yang mengedarkan informasi itu lagi. Saat ini kondisi di Bendungan Bili-bili, debit airnya masih di bawah batas normal,” pungkas Ichsan.

Dikonfirmasi secara terpisah, hal senada juga terungkap dari Kepala Balai Bear Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, Ir. Suparji menjelaskan bahwa hingga saat ini, status Bendungan Bili-bili masih di bawah normal dengan Tinggi Muka Air (TMA) sebesar 80,35 mdpl dan volume 53.194 juta m3.

===

REFERENSI:

https://cakrawalainfo.id/pesan-berantai-waspada-bendungan-bili-bili-bupati-gowa-dibawah-batas-normal/
https://makassar.terkini.id/hadiri-maulid-akbar-kkb-gowa-bupati-adnan-mengaku-tidak-meragukan-orang-bulukumba/