[SALAH] Objek Wisata Guci Dilanda Banjir Bandang

Sebuah pesan berantai Whatsapp mengabarkan bahwa terjadi banjir bandang di Sungai Gung yang alirannya bersumber tepat di Obyek Wisata Pemandian Air Panas Guci, Bumiwijaya, Kabupaten Tegal. Pasca beredarnya kabar tersebut, pihak pengelola pun angkat bicara dan menyatakan bahwa wisata Guci dalam keadaan aman terkendali.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FALSE CONTEXT

===

SUMBER: PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI:

Assalamualaikum wr wb

Selamat malam Bapak/ibu.

Izin melaporkan info dari teman Guci barusan Kali Gung Banjir bandang, untuk yang diwilayah bawah agar waspada

===

PENJELASAN: Whatsapp kembali menjadi sarana penyebaran informasi yang tidak sesuai dengan fakta. Kali ini di tengah maraknya bencana banjir, muncul informasi yang menyebut bahwa telah terjadi banjir bandang di Obyek Wisata Pemandian Air Panas Guci, Bumiwijaya, Kabupaten Tegal.

Informasi tersebut beredar dalam beberapa jam belakangan dan membuat warga Kabupaten Tegal heboh. Namun belakangan diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar adanya. Melansir dari radartegal.com, pihak pengelola Wisata Guci pun angkat bicara. Kepala UPTD Pariwisata Guci Abdul Haris pun menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

“Itu hoaks. Guci masih aman dan terkendali,” pungkas Haris.

Haris menjelaskan bahwa setiap turun hujan, debit air di hulu Sungai Gung kerap meningkat namun peningkatannya tidak membuat Obyek Siwata Guci banjir. Sarana dan prasarana di sekitar Pancuran pun masih dalam kondisi aman.

“Kalau hujan ya memang begitu, debitnya meningkat. Bukan banjir bandang,” jelas Haris.

===

REFERENSI: