[SALAH] Video Banjir Ikan di Waduk Wadas Lintang Kebumen

Video tersebut sudah pernah beredar di Januari 2019 dan sudah dibantah oleh pihak kepolisian Kebumen. Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede pada 24 Januari 2019 mengemukakan bahwa dari hasil pengecekan lapangan tidak terjadi kejadian seperti dalam video. “Dari hasil pengecekan dan konfirmasi di lapangan, kejadian seperti itu tidak ada di sekitar Waduk Wadaslintang,” ujarnya. Adapun, plat nomor kendaraan bermotor dalam video tersebut juga bukan plat nomor Kebumen.

=====

Kategori: False Context/Konten yang Salah

=====

Sumber: Whatsapp

=====

Narasi:

Narasi ada dalam video dengan tulisan warna biru:

Waduk Wadas Lintang Kebumen

=====

Penjelasan:

Beredar video melalui aplikasi Whatsapp yang diklaim sebagai banjir ikan di pinggir jalan. Melalui tulisan yang tertera dalam video tersebut diklaim bahwa kejadian di Kebumen. Jawa Tengah.

Berdasarkan hasil penelusuran, peristiwa dalam video tersebut bukan terjadi di Kebumen, Jawa Tengah. Selain itu, video tersebut sudah pernah beredar pada Januari 2019 dan sudah mendapat bantahan dari pihak kepolisian setempat.

Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede pada 24 Januari 2019 mengatakan bahwa dari hasil pengecekan lapangan tidak terjadi kejadian seperti dalam video. “Dari hasil pengecekan dan konfirmasi di lapangan, kejadian seperti itu tidak ada di sekitar Waduk Wadaslintang,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, video tersebut hoaks lantaran pada detik ke tujuh video tersebut, ada tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) yang bukan berasal dari Indonesia. “Itu bukan tipe TNKB Indonesia,” kata Pardede.

Mengacu kepada TNKB tersebut, TNKB untuk wilayah Kebumen, Jawa Tengah memiliki kode huruf awal AA. Selain itu, untuk TNKB di Indonesia memiliki latar belakang warna hitam, tidak putih seperti pada video.

Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa peristiwa dalam video tersebut tidak terjadi di Kebumen atau wilayah Indonesia lainnya. Oleh sebab itu, video tersebut masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1077199362612598/

https://www.merdeka.com/cek-fakta/heboh-video-banjir-ikan-di-waduk-wadas-lintang-kebumen-dinyatakan-hoaks.html

https://www.liputan6.com/regional/read/3879308/heboh-banjir-ikan-lele-di-jalan-raya-wadaslintang

https://tirto.id/daftar-kode-pelat-nomor-daerah-daerah-di-indonesia-eg1G