[SALAH] Johnny G Plate Menteri Kominfo Beri Gebrakan Gratis Telepon

Informasi yang menyebutkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengeluarkan kebijakan gratis telepon merupakan informasi yang tidak benar. Melalui laman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu, menegaskan bahwa kabar tersebut tidak benar. β€œInformasi berupa pesan berantai tersebut dinilai menyesatkan,” katanya.

=====

Kategori: Fabricated Content/Konten Palsu

=====

Sumber: Facebook

GEBRAKAN MENKOMINFO BARU JOHNY G.PLATE : SERBA GRATIS Sekarang tidak usah takut nelpon ke semua nomor telpon….

Posted by Khozin Wibowo on Thursday, October 31, 2019

Archive:

https://archive.md/dHgsm

=====

Narasi:

GEBRAKAN MENKOMINFO BARU JOHNY G.PLATE :

SERBA GRATIS

Sekarang tidak usah takut nelpon ke semua nomor telpon.

Akhirnya pemerintah melalui Menkominfo baru Johny G. Plate membuat kebijakan yg meringankan rakyat.

Mulai 1 Nopember 2019 pukul 00:00 Indosat, Telkomsel, XL, Smartfren bisa telpon gratis ke semua operator.

Caranya :

Indosat ketik *555*2#NOMOR TUJUAN#

Telkomsel ketik *888*2#NOMOR TUJUAN#

XL ketik *123*2#NOMOR TUJUAN#

lalu di belakang no tujuan di lampirkan surat keterangan tidak mampu dari RT, RW & kelurahan.

*Selamat mencoba*

Nek ora konco dewe ora tak kandani..

πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ€­πŸ€­πŸ˜„πŸ˜„

=====

Penjelasan:

Beredar informasi yang menyebutkan bahwa Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate telah mengeluarkan kebijakan baru yakni gratis telepon pada 1 November 2019. Dalam informasi itu disebutkan pula bahwa ada serangkaian kode angka yang harus diketikkan untuk dapat menggunakan layanan gratis telepon tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar. Pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah membantah informasi tersebut dan mencapnya sebagai hoaks.

Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu, menyatakan bahwa Menkominfo tidak pernah mengeluarkan pernyataan seperti pada narasi yang beredar. β€œInformasi berupa pesan berantai tersebut dinilai menyesatkan,” katanya.

Berikut kutipan bantahan Kominfo melalui lamannya:

[…] Beredar sebuah pesan berantai berupa informasi yang diklaim sebagai gebrakan Menkominfo Johnny G.Plate dalam awal masa jabatan, berupa kebijakan gratis telepon ke semua operator mulai dari 1 November 2019.

Faktanya informasi tersebut telah dibantah oleh Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu, bahwa Menkominfo tidak pernah mengeluarkan pernyataan sebagaimana informasi yang beredar. Informasi berupa pesan berantai tersebut dinilai menyesatkan. […]

Berdasarkan hal tersebut, maka informasi yang beredar adalah salah. Dengan demikian, informasi tersebut masuk kategori Fabricated Content atau Konten Palsu.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1020737748258760/

https://www.kominfo.go.id/content/detail/22533/hoaks-gebrakan-menkominfo-baru-gratis-telepon-ke-semua-operator/0/laporan_isu_hoaks

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/0Kv9Qwrk-gebrakan-menkominfo-baru-gratis-telepon-ke-semua-operator-ini-faktanya