[SALAH] Memandang Payudara 10 Menit Tiap Hari Perpanjang Umur Pria 5 Tahun

Klaim itu salah satu berita yang paling menyesatkan karena berasal dari WWN yang notabennya adalah tabloid berita palsu yang banyak menerbitkan cerita fiktif dan telah diedarkan oleh banyak media online dan blog internet, hingga masyarakat banyak yang mempercayainya karena tidak melalui proses verifikasi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=============================================

Beredar artikel yang berjudul “Memandang Payudara 10 Menit Tiap Hari Perpanjang Umur Pria 5 Tahun”. Klaim di dalam artikel ini disebut sebagai sebuah studi yang dilakukan di Jerman.

Dari hasil penelurusan, klaim ini viral di Indonesia pada tahun 2015 dan 2016 di berbagai media online serta situs blog dan sampai saat ini masih sering dibagikan oleh warganet.

NARASI :

“Sebuah studi yang dilakukan di Jerman belum lama ini sangat menarik. Ilmuwan menemukan, menatap payudara wanita selama 10 menit sehari ternyata dapat meningkatkan rentang hidup Anda dalam lima tahun.

Seperti diberitakan Times of India, Selasa (26/1/2016), penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine itu menunjukkan, orang-orang yang kerap menatap payudara wanita bisa hidup lebih lama. Studi ini mengklaim, 10 menit melirik bagian tubuh wanita setara dengan latihan gym 30 menit.

“Temuan ini dibuat atas penilaian terhadap 200 pria selama lima tahun,” tulis laman berita Sin Chew Daily dan China Press.

Dalam penelitian ini, ilmuwan mencatat, pria yang menatap payudara wanita memiliki tekanan darah lebih rendah, berisiko rendah mengalami penyakit kardiovaskular dan cenderung memiliki detak jantung yang lebih stabil.

Gerontologist Dr Karen Weatherby menjelaskan, keinginan seksual seperti menatap payudara wanita menyebabkan sirkulasi darah menjadi lebih baik. Hal ini juga berarti kesehatan akan terjaga.”

Salah satu sumber : https://perma.cc/DF2E-L366 (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Pada 31 Mei 2000, situs snopes.com sudah pernah melakukan periksa fakta terhadap klaim ini dan menyatakan klaim ini sebagai klaim “False” atau klaim yang salah.

Pada 26 Oktober 2016, situs hoaxes.id juga melabeli klaim dengan label “Hoax” dengan penjelasan yang lebih detail terkait asal muasal klaim yang sudah banyak dimuat oleh media online dan situs-situs blog di Indonesia ini.

Irwan Rosmawan, penulis pada situs hoaxes.id menjelaskan bahwa artikel itu adalah hasil tulisan ulang dengan sedikit perubahan yang berputar dalam dua waktu dalam tabloid Fountain of Truth, Weekly World News (13 Mei 1997 dan 21 Maret 2000), artikel itu akhirnya semakin liar dan berkembang hingga diterbitkan oleh banyak media online.

Weekly World News adalah tabloid yang sebagian besar menerbitkan berita fiktif, tabloid WWN pertama kali terbit di Amerika Serikat pada tahun 1979 hingga 2007.

WWN dikenal karena selalu menampilkan cerita dengan sampul aneh yang sering mengangkat tema supranatural ataupun paranormal. Pada dasarnya WWN adalah sebuah tabloid satir (hiburan) dengan karakteristik nyeleneh dan aneh., tabloid WWN mulai dihentikan peredarannya pada bulan Agustus 2007.

Periksa fakta ini mungkin membuat Anda kecewa, karena tidak pernah ada studi terkait memandang wanita dapat membuat pria panjang umur. Jika Anda tetap meyakininya, silakan cek sendiri apakah ada studi itu di New England Journal of Medicine.

hoaxes.id mencoba melakukan pencarian artikel di basis data jurnal medis National Institutes of Health, ternyata kami tidak menemukan satupun artikel yang mendokumentasikan tentang manfaat memandang payudara wanita untuk kesehatan pria.

Bahkan klaim lainnya menyebutkan seorang ahli gerontologi bernama Dr Karen Weatherby, ia menjelaskan apa yang menyebabkan pria akan lebih sehat jika memandang payudara wanita.

Dari upaya penelusuran nama Dr Karen Weatherby di internet, lagi-lagi tidak ditemukan nama itu di journal medis manapun kecuali dalam klaim itu.

REFERENSI :
https://www.snopes.com/fact-check/breast-gazing-healthy/
https://www.hoaxes.id/2016/10/hasil-studi-menunjukan-menatap-payudara-wanita-membuat-pria-lebih-sehat-hoax.html (https://perma.cc/4XD4-9KJD – Arsip)
https://books.google.co.id/books?id=EfADAAAAMBAJ&pg=PA47&dq=weekly+world+news+staring+at+breasts+is+good+for+health&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjPz_iRvPjPAhUDQ48KHdkAATYQ6AEIHDAA#v=onepage&q&f=false
http://weeklyworldnews.com/legal/
http://www.nejm.org/medical-search
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/
http://en.lmgtfy.com/?q=Dr+Karen+Weatherby

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo