[SALAH] Meme BJ Habibie Mengatakan “lawan berat Prabowo itu bukan Jokowi tp kecurangan”

Meme tersebut berasal dari hoaks pernyataan BJ Habibie yang sudah pernah di-debunk. Melalui penelusuran, Habibie tidak pernah memberikan pernyataan tersebut. Hoaks ini sudah dua kali muncul dan pertama kali muncul dengan judul “Lawan Berat Pak Jokowi itu bukan Prabowo.”

=====

Kategori: Fabricated Content

=====

Sumber: Pertanyaan Anggota FAFHH (@Iwan Ar-rahman) dan Facebook

Lawan Berat #Prabowo itu bukan #Jakowi, tapi Kecurangan

Dikirim oleh 2019GantiPresiden pada Rabu, 17 April 2019

=====

Narasi:

“lawan berat Prabowo itu

bukan Jokowi

tp kecurangan”.

-BJ HABIBIE-

=====

Penjelasan:

Sebuah meme beredar dengan menampilkan karikatur Presiden Ketiga, BJ Habibie, dengan narasi “lawan berat Prabowo itu bukan Jokowi tp kecurangan.” Meme itu sudah dibagikan sebanyak 8,9 ribu kali.

Berdasarkan penelusuran, klaim meme tersebut tidak benar. Sebab, BJ Habibie tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut. Adapun, isu tersebut sudah Habibie mengeluarkan pernyataan itu sudah pernah muncul dan dibahas oleh Aribowo Sasmito pada tanggal 16 Agustus 2018.

Hasil debunk Aribowo itu menyimpulkan bahwa klaim pernyataan Habibie tentang Prabowo berasal dari hoaks yang berjudul “Lawan Berat Pak Jokowi itu bukan Prabowo.” Hanya saja, konteksnya diganti dari Jokowi menjadi Prabowo.

Selain itu, pembahasan tentang hoaks berjudul “Lawan Berat Pak Jokowi itu bukan Prabowo” juga sudah dikupas oleh tirto.id pada 15 Agustus 2018 dalam artikel berjudul “Periksa Fakta: Benarkah Habibie Mengatakan Prabowo Bukan Lawan Berat Jokowi?” Dalam artikel tersebut, ada disebutkan konfirmasi dari Sekretaris Pribadi Habibie, Rubijanto. Berikut kutipan pernyataan Rubijanto kepada tirto.id:

[…] Konfirmasi

Tirto menghubungi Sekretaris Pribadi Habibie, Rubijanto (14/5), menanyakan pesan berantai klaim pernyataan yang disebut sebagai Habibie. Rubijanto menegaskan bahwa klaim yang muncul bukanlah pernyataan ataupun tulisan Habibie. Rubijanto, mewakili Habibie, meminta agar pembaca ataupun penggunaan media sosial tidak mudah percaya dengan kabar dari media sosial. Apalagi situasinya terkait dengan kegiatan politik pemilihan.

“Kepada segenap handai taulan mohon tidak mudah terpancing berita di medsos [media sosial] terlebih pada musim menjelang pilpres atau pilkada yang baru lalu,” terangnya.

Terlebih, menurut Rubijanto, konten palsu sangatlah mudah dibuat. Bahkan untuk kegiatan yang menghujat, mengadu domba dan menyalahkan pihak-pihak tertentu. […]

Adapun, berdasarkan penelusuran, orang yang memberikan pernyataan tentang “Lawan Berat Pak Jokowi itu bukan Prabowo” ialah Wakil Ketua ReJo (Relawan Jokowi) Mudhofir Khamid, dalam sambutan kegiatan deklarasi, pada 6 Mei 2018. Berikut kutipan pernyataan Mudhofir tersebut:

[…] Relawan Jokowi (Rejo) menggelar deklarasi dukungan kepada Presiden Joko Widodo untuk memimpin Indonesia dua periode di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (6/5/2018).

Dalam deklarasi, Rejo menilai bahwa lawan berat Presiden Jokowi di pemilihan presiden (Pilpres) 2019 bukanlah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Musuh sesungguhnya Pak Jokowi bukan Prabowo, tetapi fitnah sesungguhnya,” ujar Wakil Ketua ReJo Mudhofir Khamid dalam sambutannya. […]

Atas dasar itu, postingan meme dengan narasi “lawan berat Prabowo itu bukan Jokowi tp kecurangan” bukan pernyataan Habibie. Adapun, hoaks ini dapat dikatakan sebagai tipe hoaks berulang.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/877585399240663/

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/725021861163685/

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/650899468575925/

https://tirto.id/benarkah-habibie-mengatakan-prabowo-bukan-lawan-berat-jokowi-cSEf

https://nasional.kompas.com/read/2018/05/06/17044951/musuh-sesungguhnya-pak-jokowi-bukan-prabowo-tetapi-fitnah