[SALAH] Prabowo sudah setuju dengan hasil Quick Count Pilpres dan ucapkan selamat pada Jokowi

Pertemuan antara Capres no urut 02 Prabowo Subianto dan Capres no urut 01, Jokowi yang ditampilkan di video di sumber klaim adalah pertemuan pada 17 Oktober 2014. Video yang beredar adalah video dari akun Youtube “Official NET News” yang sudah diunggah sejak 17 Oktober 2014. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

========================================
Kategori : DISINFORMASI / Konten yang Salah
========================================

Beredar video dan tangkapan layar dari sebuah media yang diklaim sebagai pertemuan kedua capres , Prabowo Subianto dan Jokowi.

Di tangkapan layar yang tersebar, tertulis judul sebagai berikut :
“AKHIRNYA Prabowo Subianto Ucapkan Selamat Kepada Jokowi, Pertemuan Keduanya di Rumah Sumitro”

Sementara itu, salah satu sumber klaim menuliskan caption di video yang diunggah sebagai berikut :
“Clear ya Prabowo sudah setuju dengan hasil Quick Count Pilpres”

Sumber :
1. Tangkapan layar : aplikasi percakapan Whatsapp
2. https://web.archive.org/web/20190420152723/https://www.facebook.com/ahokdandjarotuntukjakarta/videos/2202527383159200/ – Akun 200 Juta Suara Untuk Jokowi Pada Pilpres 2019 ( www.facebook.com/ahokdandjarotuntukjakarta/ ) – Sudah dibagikan 68000 kali saat tangkapan layar diambil.

========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasi penelurusan, ditemukan fakta bahwa video yang diunggah adalah video ketika Presiden terpilih Joko Widodo bertemu dengan Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto, Jumat, 17 Oktober 2014 yang dimuat di akun youtube milik Net.TV

Pada pertemuan itu, Prabowo mengucapkan selamat kepada Jokowi yang akan dilantik menjadi Presiden Indonesia pada 20 Oktober 2014.
Jokowi dan Prabowo melakukan pertemuan tertutup sekitar 20 menit sejak pukul 10.05 di rumah ayah Prabowo, almarhum Soemitro Djojohadikusumo, di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.
Turut hadir dalam pertemuan itu Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Wakil Ketua Umum Fadli Zon, Anggota Fraksi PDIP Aria Bima, Ketua Tim Transisi Rini Sormarno, dan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto.

Sementara itu, sumber berita yang tangkapan layarnya sudah viral, medan.tribunnews.com akhirnya mengubah judul beritanya menjadi “Mengenang Pertemuan Prabowo Subianto dan Jokowi di Pilpres 2014, Pertemuan Keduanya di Rumah Sumitro”

REFERENSI :
https://www.youtube.com/watch?v=5HcpUpAp4CE
http://medan.tribunnews.com/2019/04/20/akhirnya-prabowo-subianto-ucapkan-selamat-kepada-jokowi-pertemuan-keduanya-di-rumah-sumitro
https://nasional.tempo.co/read/615000/prabowo-ucapkan-selamat-pada-jokowi/full&view=ok