[SALAH] Foto di cuitan “Saudari kita ini…” oleh @pedjoeang_islam

Salah satu foto yang digunakan diambil dari akun Instagram “Syma Beauty”, berdasarkan klarifikasi dari pemilik foto dia BUKAN termasuk korban. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

http://bit.ly/2TbgnsY https://archive.fo/U5SDD, cuitan oleh akun “F-P-I” (twitter.com/pedjoeang_islam), sudah dicuit ulang 722 kali per tangkapan layar dibuat.

Cuitan sudah tidak bisa diakses per post ini disusun, masih bisa diakses melalui cadangan arsipnya di tautan yang sudah disediakan.

======

NARASI

“Saudari kita ini adalah Hafizah Al-Quran yang syahid pertama di masjid New Zealand, ..

#Selandia_Baru_insiden_teroris”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • Cuitan SUMBER menyebarkan foto dari akun Instagram “Syma Beauty”.
  • Cuitan SUMBER menambahkan narasi untuk membangun premis pelintiran, foto yang tidak ada kaitannya dikaitkan dengan korban penembakan di Selandia Baru.

——

(2) Sumber-sumber foto:

  • Sumber foto pertama, http://bit.ly/2UEDVrR “Syma Beauty” (instagram.com/syima_eima): “Selamat sore 🤨”.
  • Salah satu sumber foto kedua, http://bit.ly/2Hnxg2p SiyaneNews(dot)com: “49 orang telah ditembak mati oleh dunia

…”

(Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/2TFdUfy).

======

REFERENSI

(1) Klarifikasi dari pemilik foto, http://bit.ly/2ug5oo5 “Syma Beauty” (instagram.com/syima_eima): “BERITA PALSU/ FAKE NEWS ‼️ Nak sensasikan berita pun jangan la ambik gambar orang yang masih hidup😢sesiapa yang terbaca sila komen dekat blog/ig/fb/tweet yang berkenaan.Apa2 pun al-fatihah untuk muslim di New Zealand,semoga ditempatkan bersama para mujahideen.

Translation..
Pengantin Syurga, Insyaallah, ini adalah saudara perempuan kita di dalam syahid Allah Masjid Al-Nour di New Zealand, tembakan pengganas dan kemudian diseberang oleh keretanya, ganjaran Allah dan agennya. . Semoga Allah memberi pahala kepadamu dan ejen itu, ya Allah, ampunilah dia dan belas kasihannya dan buatlah kuburnya sebuah taman kanak-kanak Syurga, dan semua orang yang rohnya berada di Rumah Sucimu

#beritapalsu#fakenews#newzealand”.

(2) http://bit.ly/2TV8wnW, salah satu laporan (mention) oleh pengikut akun Twitter @TurnBackHoax (twitter.com/turnbackhoax).

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/856216998044170/