[SALAH] Poster Launching Pusat Poligami PKS Cikarang Utara

Poster “Launching Pusat Poligami PKS Cikarang Utara” merupakan hasil suntingan. Poster aslinya berjudul “Launching Pusat Khidmat PKS Cikarang Utara” ada di laman art.pks.id. Poster asli tersebut sudah ada sejak 25 Mei 2016.

=====

Kategori: Manipulated Content

=====

Sumber: Media Sosial Facebook

PKS ingin dikenal di Indonesia dengan program andalannya Poligami sejahtera.

Người đăng: Kakek Detektif vào Thứ Sáu, 15 tháng 3, 2019

=====

Narasi:

PKS ingin dikenal di Indonesia dengan program andalannya Poligami sejahtera.

=====

Penjelasan:

Akun atasnama Kakek Detektif di Media Sosial Facebook membagikan sebuah poster dengan judul “Launching Pusat Poligami PKS Cikarang Utara” dan disertai slogan “Sejahterakan Poligami.” Dalam postingan tersebut, tersematkan pula foto dari Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohammad Sohibul Iman dan Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kabupaten Bekasi Mohammad Nuh.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan, ditemukan bahwa poster yang diunggah oleh Kakek Detektif merupakan hasil suntingan. Sebab, di laman Komunitas Desainer PKS atau PKSART (art.pks.id) terdapat desain aslinya.

Pada poster aslinya, kalimat yang tertera ialah “Launching Pusat Khidmat PKS Cikarang Utara.” Sedangkan, slogan aslinya bertuliskan “Berkhidmat Untuk Rakyat.”

Poster asli itu diunggah oleh akun atas nama didinwahyudin di laman art.pks.id. Tanggal pengunggahannya tertera pada 25 Mei 2016.

Adapun, Pusat Khidmat PKS merupakan program sosial kepada masyarakat yang dimiliki oleh partai tersebut. Program itu sudah dimulai pertama kali pada tahun 2016. Berikut kutipan pemberitaan tentang peluncuran program Pusat Khidmat PKS di Bandar Lampung:

[…] Gaet Simpati Rakyat, PKS Luncurkan Pusat Khidmat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG — Bandar Lampung menjadi kota pertama di Indonesia yang berhasil meluncurkan Pusat Khidmat PKS. Pernyataan tersebut disampaikan Pamungkas Hendra Kusuma dari Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) DPP PKS, dalam keterang pers yang diterima Republka.co.id, kemarin.

Pamungkas mengapresiasi PKS Bandar Lampung dalam merespon cepat salah satu program strategis DPP PKS, yaitu Pusat Khidmat sebagai pusat pelayanan dan pemberdayaan terhadap masyarakat sekitar.

“DPP PKS sangat mengapresiasi respon cepat PKS Bandar Lampung dalam membuat Pusat Khidmat. Saya diutus ke Lampung oleh DPP untuk mensosialisasikan juklak dan juknis pelaksanaan Pusat Khidmat, tapi begitu saya sampai disini, saya dapat informasi Bandar Lampung ternyata telah siap melakukan peresmian Pusat Khidmat, ini luar biasa,” ujar Pamungkas.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Bandar Lampung Aep Saripudin mengatakan, Pusat Khidmat PKS adalah wadah bagi kerja-kerja pelayanaan, pembinaan, pemberdayaan dan pembelaan bagi masyarakat. Beraneka kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat akan dilaksanakan di Pusat Khidmat ini.

“Pusat Khidmat adalah bentuk keseriusan PKS dalam menjalankan jargon “Berkhidmat Untuk Rakyat”. Bentuk keseriusan adalah dengan meresmikan berdirinya Pusat Khidmat PKS di Kecamatan Kemiling. Semoga masyarakat Kemiling bisa merasakan manfaat dari berbagai program yang akan dijalankan, seperti kesehatan, pembentukan bank sampah, pembinaan taman pendidikan Alquran, dan rumah aspirasi,” kata Aep.

Ketua DPC PKS Kemiling, sekaligus Ketua Pelaksana Pusat Khidmat PKS Imron Rosadi mengatakan  program spesifik terkait Pusat Khidmat antara lain rumah sehat, rumah cerdas, rumah aspirasi, rumah keluarga Indonesia, dan bank sampah.

Program rumah sehat salah satunya akan mengadakan pelatihan pijat bayi. Rumah cerdas programnya membuka taman bacaan masyarakat. “Semua program Pusat Khidmat PKS gratis dan ditujukan untuk umum, siapa pun boleh memanfaatkannya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pengelola,” pungkas Imron.[…]

Dari penjelasan tersebut, maka sudah postingan poster di akun Kakek Detektif merupakan hasil manipulasi dari poster kegiatan “Launching Pusat Khidmat PKS Cikarang Utara.” Adapun, poster aslinya dibuat sejak tahun 25 Mei 2016.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/855928991406304/

http://art.pks.id/gallery/media/launching-rumah-khidmat-kabupaten-bekasi

http://art.pks.id/gallery/user/didinwahyudin

https://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/16/04/05/o54z2z377-gaet-simpati-rakyat-pks-luncurkan-pusat-khidmat