[SALAH] “udang jadi tersangka”

Gambar tangkapan layar yang dibagikan adalah hasil suntingan, post Facebook yang diambil tangkapan layar adalah artikel tentang peristiwa di Masjid Jogokariyan. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Dimanipulasi.

======

SUMBER

http://bit.ly/2HZrfdx, post oleh Page “Relawan Prabowo-Sandiaga Uno” (facebook.com/PRABU02ID), sudah dibagikan 609 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Alhirnya udang jadi tersangka kali ini…
Ini hebat bukam kalenh2..”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang dimanipulasi

Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”.

  • Post SUMBER menggunakan gambar tangkapan layar hasil suntingan, narasi asli post Facebook yang ditulis oleh kumparan adalah “Menurut Kapolri Jenderal Tito Karnavian, kericuhan di depan Masjid Jogokariyan terjadi spontan.”, bukan “Menurut Kapolri Jendral Tito Karnavian, penyerangan Udang ke Presiden terjadi Spontan”. Selain itu, judul artikel yang benar adalah “Kapolri: Ricuh di Depan Masjid Jogokariyan Sudah Didamaikan” bukan “Kapolri: Penyerangan udang kepada presiden sudah didamaikan. tetapi proses hukum tetap berlanjut”.
  • Post SUMBER menambahkan narasi pelintiran sambil membagikan gambar tangkapan layar yang sudah disunting.

——

(2) http://bit.ly/2UvSbCI, sumber post Facebook oleh kumparan yang diambil tangkapan layarnya.

======

REFERENSI

Artikel sumber post Facebook, kumparanNEWS: “Kapolri: Ricuh di Depan Masjid Jogokariyan Sudah Didamaikan”. Selengkapnya di http://bit.ly/2t0xzH1.

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/829429350722935/