[SALAH] “paham politik gak sih pak?”

Post SUMBER membagikan tangkapan layar hasil suntingan, judul artikel yang benar adalah “Banjir Merendam 9 Kelurahan di Kabupaten Batang”. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Dimanipulasi.

======

SUMBER

http://bit.ly/2D3K9dd, post oleh akun “Agung Wirawan” (facebook.com/ayu.r.dewi.96). Sudah dibagikan 117 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Aduh pak, bukan kelemahannya pak Jokowi itu,
anda yang gak mudeng, justru itu yang bikin anda dan kampret makin terlihat bodoh,
paham politik gak sih pak?”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang dimanipulasi

Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”.

  • Post SUMBER menggunakan gambar tangkapan layar hasil suntingan, judul artikel detikNews di Minggu 27 Januari 2019 13:13 WIB yang benar adalah “Banjir Merendam 9 Kelurahan di Kabupaten Batang” bukan “Hidayat Nur Wahid: Saya Menyerang Jan Ethes Itu Titik Kelemahan Jokowi”.
  • Post SUMBER menambahkan narasi pelintiran untuk membangun premis yang salah berdasarkan gambar hasil suntingan yang dibagikan.

——

(2) Sumber artikel yang tangkapan layarnya disunting, detikNews: “Banjir Merendam 9 Kelurahan di Kabupaten Batang”. Selengkapnya di http://bit.ly/2t558rH.

======

REFERENSI

(1) Salah satu sumber foto, detikNews: “HNW Pertanyakan Tim Jokowi yang Bawa-bawa Jan Ethes sebagai ‘Keunggulan'”. Selengkapnya di http://bit.ly/2Uyz7E0.

——

(2) Pertanyaan oleh salah satu anggota FAFHH.

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/830108600655010/