[SALAH] PWNU JAWA TIMUR SIAP MENANGKAN PRABOWO SANDI


“Video ini jelas meresahkan dan penggiringan opini seolah-olah NU secara struktural mendukung capres nomor urut 02. Secara organisasi NU tidak dibenarkan terlibat dukung mendukung dalam kontestasi politik. Sesuai Khittah NU 1926, NU secara organisasi dilarang berpolitik,” terang Gus Abid, Rabu (23/1/2019). Selengkapnya di bagian PENJELASAN.

======================
Kategori : HOAKS
======================


Video pria mengaku dari PWNU Jatim dan mendukung pasangan capres-cawapres, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno viral di media sosial. Pria tersebut berkaus merah dengan gambar pasangan calon nomor urut 02. Pria tersebut mengaku sedang berada di depan kantor PWNU Jatim. 

Pra itu menyebut pengurus NU Jatim mendukung Prabowo-Sandi. Dia juga menunjukkan sejumlah spanduk dan baliho bergambar paslon yang didukung Partai Demokrat itu.

“Wahai saudaraku, saya sekarang berada di depan kantor PWNU Jatim. Ini membuktilan kalau warga NU Jawa Timur mendukung pasangan Prabowo-Sandi,” ucap pria itu dalam video.


Salah satu sumber yang dimuat di facebook akun Negeri Tuyul II ( https://www.facebook.com/negerituyul.II ) – https://www.facebook.com/negerituyul.II/videos/789346018073103/ – Sudah dibagikan lebih dari 200 kali saat tangakapan layar diambil.

Salah satu sumber : https://www.youtube.com/watch?v=LhrXFcrcuew – Sudah ditonton lebih dari 1210 kali saat tangkapan layar diambil.

=======================

PENJELASAN

Video ini mendapat reaksi keras dari Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jatim, Moh Abid Umar Faruq. Aktivis muda NU yang akrab disapa Gus Abid itu mengecam penyebaran video ini. Lokasi video tersebut juga sebenarnya berada di Gedung Museum NU, yang lokasinya berdekatan dengan kantor Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandi.

“Video ini jelas meresahkan dan penggiringan opini seolah-olah NU secara struktural mendukung capres nomor urut 02. Secara organisasi NU tidak dibenarkan terlibat dukung mendukung dalam kontestasi politik. Sesuai Khittah NU 1926, NU secara organisasi dilarang berpolitik,” terang Gus Abid, Rabu (23/1/2019).

Gus Abid memberi ultimatum pada pria yang ada di video tersebut untuk meminta maaf secara langsung kepada pengurus PWNU Jatim dalam jangka waktu 3×24 jam. Sebab kader NU di bawah resah karena video tersebut.

“Termasuk kader Ansor dan Banser (ikut resah). Tetapi kami memerintahkan agar seluruh kader menahan diri dan menunggu iktikad baik pembuat video itu. Jika dalam waktu 3×24 jam tidak ada permintaan maaf, kami akan mengambil langkah selanjutnya yang dianggap perlu,” tutupnya.

Tambahan;
1. Bantahan Ketua PWNU JATIM atas Video yang Memfitnah PWNU JATIM
https://www.youtube.com/watch?v=eKyQEbN0sGc

2.Akhirnya, pelaku yg telah melakukan hoax dukungan PWNU jatim dan benner prabowo sandi terpasang di kantor telah minta maaf. Kami maafkan bro, tp kami gak akan pilih calon/tim sukses yg gemar sebar kebohongan #NUJatimTolakHoax –  https://twitter.com/rizamsyafiq/status/1088268535879483393



REFERENSI :

http://beritajatim.com/politik-pemerintahan/viral-video-pwnu-jatim-dukung-prabowo-ini-sikap-tegas-ansor
https://news.okezone.com/read/2019/01/23/605/2008424/viral-video-klaim-pwnu-jatim-dukung-prabowo-sandi-ansor-ultimatum-pelaku-minta-maaf

Bantahan Ketua PWNU JATIM atas Video yang Memfitnah PWNU JATIM
https://www.youtube.com/watch?v=eKyQEbN0sGc

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo