[SALAH] Video Kapal Tenggelam di Perairan Kangean, Jawa Timur

Kepala Badan Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Rahman Riadi menegaskan bahwa video tersebut bukan peristiwa tenggelamnya kapal di Perairan Kangean.

======

Kategori : False Context / DISINFORMASI

======

Sumber : Media Sosial Facebook

Narasi :

“Mohon Do’anya Bagi Para Penumpang Di Kapal Tenggelam. Lokasi Kejadian Di Dekat Pulau Kangean Madura Jatim. Yaa Rabb Selamatkanlah Mereka Dari Musibah…”

======

Penjelasan :

Beredar di media sosial belakangan ini sebuah postingan video kapal tenggelam yang di dalam narasinya terjadi di Perairan Kangean, Jawa Timur.

Video berdurasi 30 detik ini menampilkan sekelompok penumpang tengah mengenakan pelampung berwarna oranye untuk menyelamatkan diri mereka karena situasi kapal yang akan tenggelam.

Ditampilkan juga posisi kapal tersebut dalam keadaan miring dan beberapa orang berpegangan pada besi di tepi kapal.

Sementara, ombak laut tetap bergulung-gulung di sekitar kapal. Terdengar juga suara orang-orang sedang panik dan berdoa.

Dilansir dari Kompas.com, Kepala Badan Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Rahman Riadi menegaskan bahwa video tersebut bukan peristiwa tenggelamnya kapal di Perairan Kangean.

“Itu video lama dan peristiwanya dari Sulawesi, bukan dari perairan Kangean. Itu hoaks,” ujar Rahman saat dihubungi Kompas.com pada Rabu (23/1/2019).

Menurut dia, laporan peristiwa yang didapatkannya, yakni peristiwa kecelakaan kapal yang terjadi di daerah Giri Genteng, Banyuwangi.

Namun, untuk peristiwa tenggelamnya kapal di daerah Kangean ini belum ada pemberitahuannya hingga saat ini.

“Saya lihat video itu sudah lama, sekitar bulan Desember 2018 dan bukan baru-baru ini,” ujar Rahman.

Selain itu, Kompas.com juga melakukan penelusuran mengenai kebenaran informasi dari video tersebut.

Diperoleh fakta bahwa video tersebut merupakan peristiwa kapal penyeerangan feri KM Lestari Maju yang dikandaskan sebelum tenggelam pada 3 Juli 2018.

Perlu diketahui, kapal ini mengangkut 164 penumpang yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bira, Sulawesi Selatan. Tak hanya penumpang, kapal tersebut juga mengangkut 14 mobil pribadi, 6 unit bus atau truk dan 8 unit motor

Referensi :

https://regional.kompas.com/…/hoaks-kapal-tenggelam-di-pera…

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/823783414620862/

About Levy Nasution 356 Articles
Journalist, traveller