[SALAH] Gambar Judul Artikel Berjudul Penyewa VA Adalah Kader PKS

Gambar tersebut telah diedit. Judul asli artikelnya ialah “Polisi Ungkap Identitas Pria yang Menyewa Vanessa Angel.”

=====

Kategori: Hoaks

=====

Sumber: Media Sosial Facebook

Astaga.. Semoga ini hoaks.. PKS tidak mungkin melakukan hal seperti ini..#JokowiLagi

Nai-post ni Sahabat Jokowi Ma'ruf Amin noong Lunes, Enero 7, 2019

=====

Narasi Dalam Gambar:

KUALITAS KADER PARTAI BERBASIS ISLAM

“Polisi Ungkap Identitas Pria Berinisial “R” Yang Menyewa Vanessa Angel Ternyata Salah Satu Kader PKS”

SIAPA ‘R’ KADER PKS PENYEWA VANESSA

=====

Penjelasan Lengkap:

Sebuah potongan gambar artikel dari Tribunnews 7 Januari 2019 pukul 7.17 berjudul: “Polisi Ungkap Identitas Pria yang Menyewa Vanessa Angel” [1] telah diedit sedemikian rupa sehingga seolah ada artikel yg memberitakan bahwa penyewa artis VA adalah kader PKS. Ini tidak benar.

Sejauh ini polisi hanya mengungkap bahwa penyewa adalah seorang pengusaha tambang di Lumajang ber-KTP DKI Jakarta berusia 45 tahun ke atas [2]. Berikut cuplikan keterangan pihak kepolisian terkait pengusaha tambang yang dikatakan sebagai penyewa VA:

[…] Kasubdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Harissandi menyebutkan, Rian merupakan pria berusia 40-50 tahun. Dia diketahui memesan jasa prostitusi online artis saat sedang berada di Surabaya.

Diciduk di Surabaya, ternyata pengusaha tambang di Lumajang ini ber-KTP DKI Jakarta. “KTP-nya Jakarta. Jakarta mana ya, pusat sepertinya,” kata Harissandi.

Profesinya sebagai pengusaha membuat Rian harus bolak balik Jakarta-Surabaya. Polisi juga mengatakan Rian belum terikat pernikahan alias masih bujangan.

“Ya pokoknya pengusaha. Usianya 45 ke atas. Masih bujangan,” imbuhnya. […]

Dari cuplikan itu tidak disebutkan pelaku merupakan kader PKS ataupun partai politik apapun. Selain itu, hingga hasil cek fakta ini diturunkan, belum ada keterangan ada kader partai politik apapun yang terkait dengan kasus VA.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/813837818948755/

[1] http://m.tribunnews.com/seleb/2019/01/07/polisi-ungkap-identitas-pria-yang-menyewa-vanessa-angel?fbclid=IwAR0WHjFDreR23wc9cJJurHr3bFl6OjETZJ7mZlz1n2e3zMPcXS9pPcq1bqM

[2] https://news.detik.com/berita/4374880/cerita-rian-dan-vanessa-angel-di-pusaran-kasus-dugaan-prostitusi?fbclid=IwAR28IfmdbTUZziGwa3MiMxnPqsXDihEepl15PifX4D7uM5-M3B9u957Vru8