[SALAH] Ketua KPU, Arief Budiman Terpilih Walau Suara Terkecil

Suara yang dimaksud adalah hasil pemilihan Komisioner KPU oleh DPR. Sementara itu, pemilihan Ketua KPU sendiri dilakukan dgn MUSYAWARAH antara 7 komisioner terpilih. Selengkapnya dibagian PENJELASAN.

====================
Kategori : Disinformasi
====================


Beredar postingan yang memuat gambar yang mengklaim keanehan dari Ketua KPU, Arief Budiman yang tetap terpilih meskipun suaranya paling kecil.

Salah satu sumber : http://bit.ly/2FhO09t – Akun Desi Arinsandi – facebook.com/desi.arisandi.522 – Sudah dibagikan lebih 86 kali saat dibagikan

===============

PENJELASAN

Setelah dilakukan penelusuran terhadap klaim yang ada digambar tersebut, ternyata SUARA yang dimaksud adalah hasil pemilihan Komisioner KPU oleh DPR. Sementara itu, pemilihan Ketua KPU sendiri dilakukan dgn MUSYAWARAH antara 7 komisioner terpilih.


Komisi II DPR RI telah memilih tujuh komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) periode 2017-2022 pada Rabu (5/4/2017) dini hari. Pemilihan dilakukan melalui mekanisme voting yang diikuti oleh 55 orang anggota.

“Dengan demikian proses uji kepatutan dan kelayakan calon anggota KPU dan Bawaslu di Komisi II yang berlangsung sejak hari Senin kemarin sampai dengan Rabu telah menghasilkan nama-nama sebagaimana yang ada,” kata Ketua Komisi II Zainuddin Amali di ruang rapat Komisi II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Dua petahana komisioner KPU RI kembali terpilih, yakni Hasyim Asy’ari (54 suara) dan Arief Budiman (30 suara). Sedangkan suara terbanyak diraih Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Pramono Ubaid Tanthowi dan Anggota KPU Jawa Tengah Wahyu Setiawan dengan 55 suara.

Adapun peringkat berikutnya adalah mantan Wakil Ketua Komisi Independen Pemilihan (KKIP) Aceh, Ilham Saputra (54 suara); anggota KPU Provinsi Kalimantan Barat, Viryan (52 suara); dan anggota KPU Sumatera Utara, Evi Novida Ginting (48 suara).

Rapat pleno Komisi Pemilihan Umum memutuskan Arief Budiman sebagai Ketua KPU baru periode 2017-2022. Rapat yang berlangsung selama lebih dari delapan jam itu digelar secara tertutup.

“Prinsipnya yang dipakai (saat pemilihan) adalah musyawarah mufakat dan hasilnya bulat. Dan yang telah ditetapkan sebagai ketua hasil musyawarah mufakat kami bertujuh, kami sepakat menetapkan saudara Arief Budiman sebagai Ketua KPU RI,” kata Komisioner KPU Hasyim Asy’ari saat memberikan keterangan di Kantor KPU, Rabu (12/4/2017).

Referensi :

https://nasional.kompas.com/read/2017/04/05/04532121/dpr.pilih.tujuh.komisioner.kpu.2017-2022.termasuk.dua.petahana

https://nasional.kompas.com/read/2017/04/12/19590211/arief.budiman.terpilih.sebagai.ketua.kpu.2017-2022