[SALAH] Atiqah Hasiholan Diancam Diperkosa Jika Ratna Sarumpaet Ngaku Dianiaya

Kuasa hukum Ratna, Insank Nasrudin memastikan isi pesan itu tidak benar. “Apalagi itu, tidak ada itu. Tidak ada itu, isu itu dikembang-kembangkan saja lah. Enggak ada itu begitu-begitu. Aduh. Saya ketawa aja lah ada isu itu,” kata Insank saat dikonfirmasi merdeka.com, Selasa (9/10).

======

Kategori : HOAKS

======

Sumber : Media Sosial Facebook dan Pesan Berantai Whatsapp

Narasi :

“WA dari teman kita: Gue udah telp X ajudan PS penganiayaan itu memang terjadi cuman ratna ditekan sama pemerintah, dia di bawah ancaman, Atika Hasiholan mau dibunuh dan diperkosa di depan Ratna. Info Ring 1 Valid.”

======

Penjelasan :

Ramainya pemberitaan tentang hoaks yang dibuat Ratna Sarumpaet hingga sekarang belum surut. Yang terbaru, anaknya Atiqah Hasiholan yang berprofesi sebagai artis, diancam diperkosa imbas dari kasus sang ibu.

Melalui media sosial dan pesan berantai disebutkan Ratna Sarumpaet terpaksa membuat berita bohong dengan ancaman Atiqah Hasiholan, puteri Ratna, akan diperkosa.

Kuasa hukum Ratna, Insank Nasrudin memastikan isi pesan itu tidak benar.

“Apalagi itu, tidak ada itu. Tidak ada itu, isu itu dikembang-kembangkan saja lah. Enggak ada itu begitu-begitu. Aduh. Saya ketawa aja lah ada isu itu,” kata Insank saat dikonfirmasi merdeka.com, Selasa (9/10).

Atas informasi tak bertanggungjawab itu, pihaknya berencana membuat laporan polisi. Timnya sedang mengkaji hal itu.

“Ya tentunya isu tidak benar kemudian apakah kita akan lanjutkan kepada langkah hukum ya liat perkembangan ke depan,” ujarnya.

Polisi menegaskan bahwa isu artis Atiqah Hasiholan diancam akan diperkosa apabila ibundanya, Ratna Sarumpaet, mengakui sebagai korban penganiayaan, adalah hoaks alias kabar bohong. Isu itu sudah beredar cukup lama dan tidak jelas siapa pembuatnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono memastikan jika ancaman pemerkosaan dan pembunuhan terhadap Atiqah itu adalah kabar bohong alias hoaks. “[isu ancamam terhadap Atiqah] tidak benar,” kata Argo, Selasa (9/10/2018), dilansir Suara.com.

Argo mengaku kabar ancaman terhadap Atiqah melalui pesan berantai di media sosial sudah beredar sejak lama. Namun, Argo tak menjelaskan siapa pihak yang menyebarkan isu tersebut. “Itu [kabar ancaman terhadap Atiqah] sudah lama ya,” kata dia.

Fact Checker : Levy Nasution

Referensi :

https://www.merdeka.com/…/pengacara-tegaskan-kabar-atikah-h…

https://www.kricom.id/atiqah-hasiholan-diancam-dibunuh-kare…

https://www.suara.com/…/atiqah-hasiholan-diancam-diperkosa-…

About Levy Nasution 315 Articles
Journalist, traveller