[BENAR] Klarifikasi BNPB Terkait Isu Pengusiran Relawan BPBD

Atas beredarnya video relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang merasa diusir dari halaman Kantor Badan Pembangunan Daerah (Bappeda), pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan klarifikasi. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan bahwa tidak ada pengusiran terhadap relawan BPBD, melainkan relokasi relawan. “Saya telah mengonfirmasi hal itu kepada beberapa pihak. Ternyata bukan diusir, tetapi direlokasi atau dipindahkan ke halaman Kantor BPBD agar memudahkan koordinasi dan halaman kantor Bappeda akan dibersihkan dan digunakan untuk apel ASN,” kata Sutopo.

 

=====

 

Kategori: Klarifikasi

 

=====

 

Sumber: Media Sosial Facebook

 

https://www.facebook.com/rifatul.fakhri/videos/954571258062601/

https://www.facebook.com/rifatul.fakhri/videos/954571724729221/

 

=====

 

Isi Klarifikasi Lengkap:

 

Video tentang pengusiran Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dari halaman Kantor Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) beredar secara luas di media sosial. Atas beredarnya video itu, pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan klarifikasi.

 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan bahwa tidak ada pengusiran terhadap relawan BPBD, melainkan relokasi relawan.

 

“Saya telah mengonfirmasi hal itu kepada beberapa pihak. Ternyata bukan diusir, tetapi direlokasi atau dipindahkan ke halaman Kantor BPBD agar memudahkan koordinasi dan halaman kantor Bappeda akan dibersihkan dan digunakan untuk apel ASN,” kata Sutopo.

 

Sutopo menjelaskan, Gubernur meminta Kepala BPBD Sulawesi Tengah untuk mengatur dan merelokasi semua relawan BPBD yang ada di kantor Bappeda agar direlokasi ke kantor BPBD Provinsi Sulawesi Tengah karena kantor Bappeda akan dipakai ASN yang mulai aktif pada tanggal 8 Oktober 2018 kemarin.

 

“Kantor Bappeda akan dibersihkan dan dirapikan lagi karena dampak gempa belum di bersihkan dan lainnya. Selain itu sejak ASN aktif maka semua ASN Bappeda harus apel dan masuk kerja. Tentu kegiatan mereka akan mengganggu kenyamanan relawan,” ujar Sutopo.

 

Sutopo menegaskan, relokasi tersebut tidak terkait dengan isu kehilangan sejumlah aset kantor Bappeda. Menurutnya, kehadiran para relawan sejak hari ketiga bencana (2/10) di lokasi justru memberikan keamanan bagi kantor Bappeda.

 

“Justru adanya kehadiran relawan sejak H+3 (2/10) dengan mendirikan tenda-tenda relawan BPBD dan lainnya ikut menjaga lingkungan kantor Bappeda dari aksi oknum yang melakukan tindakan kriminal. Pascagempa kondisi kantor kosong karena pegawainya tidak masuk kantor,” ucapnya.

 

Sutopo kembali menekankan, fakta yang terjadi di lapangan adalah pengaturan dan relokasi tempat tenda relawan saja, bukan pengusiran. Adapun, Sutopo mengakui, telah terjadi miskomunikasi dalam penyampaian informasi terjadi di tempat bencana karena kondisi sudah lelah, kurang istirahat, dan banyak keterbatasan.

 

“Jadi tidak ada pengusiran. Hanya pengaturan dan relokasi tempat tenda relawan saja. Adanya miss communication dalam penyampaian informasi sering terjadi di tempat bencana karena kondisi sudah lelah, kurang istirahat dan banyak keterbatasan. Tapi semuanya sama, memiliki niat baik untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana,” tegas Sutopo.

 

Di lain pihak, Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, memastikan bahwa tidak ada pengusiran terhadap para relawan BPBD dari berbagai daerah yang menempati halaman Kantor Bappeda sebagai Posko bertenda.

 

“Saya meminta kepala BPBD Provinsi Sulawesi Tengah untuk mengatur dan merelokasi semua relawan BPBD yang ada di Kantor Bappeda (Sulawesi Tengah) ke Kantor BPBD (Sulawesi Tengah),” kata Gubernur Djanggola.

 

Djanggola mengucapkan terima kasih atas bantuan, dukungan, dan peran aktif para relawan BPBD se-Indonesia dalam menangani permasalahan akibat gempa dan tsunami. Ia juga memohon maaf bila permintaan atau perintah untuk mengatur dan merelokasi para relawan itu tidak bisa diterima oleh para relawan.

 

“Semua ini demi kebaikan kita sebagai abdi negara dan abdi rakyat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat luas,” katanya.

 

=====

 

Referensi:

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/760075490991655/

https://www.antaranews.com/berita/756869/bnpb-bantah-ada-pengusiran-relawan-di-palu

https://www.antaranews.com/berita/756861/gubernur-sulteng-katakan-tidak-ada-pengusiran-relawan-bpbd

https://news.detik.com/berita/d-4249788/bnpb-relawan-bpbd-direlokasi-dari-kantor-bappeda-palu-bukan-diusir

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20181010081126-20-337163/bnpb-tegaskan-relawan-di-palu-hanya-direlokasi-bukan-diusir

https://www.inews.id/daerah/regional/275213/viral-video-relawan-diusir-dari-kantor-bappeda-sulteng-ini-kata-bnpb

https://www.liputan6.com/news/read/3663670/video-relawan-gempa-palu-mengaku-diusir-ini-penjelasan-bnpb

https://www.merdeka.com/peristiwa/kabar-relawan-bpbd-diusir-bappeda-kota-palu-tidak-benar.html

https://www.indopos.co.id/read/2018/10/10/151899/tidak-ada-pengusiran-relawan-bpbd-tetapi-pengaturan

http://www.jitunews.com/read/87866/viral-relawan-bpbd-diusir-ini-penjelasan-bnpb

http://www.jitunews.com/read/87866/viral-relawan-bpbd-diusir-ini-penjelasan-bnpb?halaman=2