[SALAH] “Jangan bangga telah membangun infrastruktur”

Post tersebut bukan post dari akun Gamal Albinsaid, sudah diklarifikasi oleh yang bersangkutan melalui akun terverifikasi di Twitter. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

http://bit.ly/2yrmLnW, post oleh Page “Islamku” (facebook.com/IslamkuSatu), sudah dibagikan 652 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Jangan bangga telah membangun infrastruktur
Hanya dalam hitungan detik Allah bisa hancurkan
Bangun dan ajaklah rakyatmu taat kepada Allah
Maka Allah akan turunkan keberkahan dari langit dan bumi

Gamal Albinsaid”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

Konteks asli foto adalah menginformasikan mengenai kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa, tidak ada hubungannya dengan “Jangan bangga telah membangun infrastruktur” seperti yang disebutkan di narasi post sumber.

——

(2) http://bit.ly/2C3JtG5, klarifikasi oleh Gamal Albinsaid: “Bagi saya santun adalah ciri orang benar. Karena ketidaksantunan hanya melunturkan kebenaran.

Akun ini palsu dan postingannya HOAX. Saya tidak pernah membuat akun ini dan menyatakan kalimat ini. Semoga siapapun yang membuat akun ini dan postingan HOAX ini mendapatkan hidayah.”

——

(3) Narasi yang mirip pernah digunakan oleh disinformasi lain yang beredar sebelumnya, dibahas di post sebelumnya di http://bit.ly/2OgPXJ3.

======

REFERENSI

http://bit.ly/2Ejjrl0, Jen Hardy (@jenhardy): “Received this image moments ago from @CatholicRelief team in Palu. Places that were connected by good roads now only accessible on foot. Huge barrier to moving aid to people who urgently need it. #Indonesia #tsunami #earthquake @iamCARITAS”.

Salah satu sumber foto.

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/760146860984518/