[SALAH] “INILAH LAMBANG PENGIKUT DAN PENGANUT PERJANJIAN DENGAN DAJJAL”

Konteks foto Tanda tanduk (Sign of the horns) yang digunakan di post sumber tidak ada hubungannya dengan Dajjal tetapi dengan budaya aliran musik Heavy Metal, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

(1) Pertanyaan melalui Facebook Messenger.

——

(2) http://bit.ly/2x7GuYQ, post oleh akun “Ihsan Saifuddin JZ” (facebook.com/ihsan.sulaim), sudah dibagikan 692 kali per tangkapan layar dibuat.

——

(3) http://bit.ly/2xakZqE, post oleh akun “Dzulfiqqar M Roziq” (facebook.com/dzulfiqqar.roziq), sudah dibagikan 13.397 kali per tangkapan layar dibuat.

——

(4) http://bit.ly/2QqJBUE, post oleh akun-akun lainnya di Facebook (public posts).

======

NARASI

“FAKTA !!!
INILAH LAMBANG PENGIKUT DAN PENGANUT PERJANJIAN DENGAN DAJJAL.
BIARKAN FOTO DAN VIDEO YG MENJELASKAN…”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

——

(2) https://www.google.co.id/search?q=jokowi+musik+metal, hasil pencarian menggunakan kata kunci “jokowi musik metal”.

——

(3) BBC: “Itu adalah gerakan yang biasa terlihat di konser rock.

Jari telunjuk dan jari kelingking tegak dan ibu jari disandarkan pada kedua jari tengah.

Ronnie James Dio, yang bernyanyi dengan Black Sabbath dan Rainbow sebelum membentuk band sendiri, sebagian bertanggung jawab karena itu menjadi simbol umum di kalangan penggemar metal.

Tetapi memiliki kegunaan lain juga, tergantung pada posisi jempol, dan konteksnya. Berikut ini adalah kumpulan beberapa makna umum.”, selengkapnya di bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

BBC: “Halaman terakhir diperbarui pada 09:26 GMT, Selasa, 18 Mei 2010 10:26 Inggris

Gerakan dua jari Dio – apa artinya?

(foto)

SIAPA, APA, MENGAPA?
Majalah menjawab …

Penyanyi rock Amerika Ronnie James Dio, yang meninggal pada hari Minggu, mempopulerkan gerakan tangan yang biasa digunakan oleh penggemar heavy metal. Tetapi apa artinya itu?

JAWABAN
Ini memiliki arti yang berbeda, tergantung pada konteks dan posisi jari:
* Untuk Dio, itu adalah cara takhayul untuk menangkal kejahatan
* Pada pertunjukan heavy metal, penggemar menggunakannya untuk menunjukkan penghargaan mereka
* Bagi orang-orang Texas seperti George W Bush, ini adalah pertunjukan dukungan untuk universitas negeri
* Dalam bahasa isyarat Amerika itu berarti ‘aku mencintaimu’
* Bill Clinton dan Barack Obama telah menggunakannya dengan cara ini
* Presiden Obama juga melakukan sapaan ‘aloha’ Hawaii
> Penyanyi heavy metal Dio meninggal pada usia 67 tahun

Itu adalah gerakan yang biasa terlihat di konser rock.

Jari telunjuk dan jari kelingking tegak dan ibu jari disandarkan pada kedua jari tengah.

Ronnie James Dio, yang bernyanyi dengan Black Sabbath dan Rainbow sebelum membentuk band sendiri, sebagian bertanggung jawab karena itu menjadi simbol umum di kalangan penggemar metal.

Tetapi memiliki kegunaan lain juga, tergantung pada posisi jempol, dan konteksnya. Berikut ini adalah kumpulan beberapa makna umum.

‘KAMI MENCINTAI GIG INI’

“Ronnie mulai mengacungkan tanda tanduk sesaat setelah menggantikan Ozzy Osbourne sebagai vokalis Black Sabbath pada 1979,” kata Simon Young, editor berita dari majalah heavy metal Kerrang !.

“Banyak penggemar metal mulai membalas gerakan dan bersama dengan headbanging, itu menjadi identik dengan metal.”

(foto)
Kurang enerjik dari headbanging

Dio bukan yang pertama, kata Young. Pada 1960-an, ada frontman Coven Jinx Dawson, dan versi kartun John Lennon di sampul The Yellow Submarine The Beatles juga terlihat menggunakannya. Tapi itu benar-benar bermula dari Dio.

Ini telah disalahtafsirkan sebagai tanda kesetiaan kepada iblis, karena bentuk jari-jari telah dikaitkan dengan 666, jumlah binatang itu, kata Young.

Tetapi Dio, kata Young, menjelaskan bahwa ia diajari apa yang disebut tanda corna oleh nenek Italia-nya, sebagai cara untuk menakut-nakuti “mata jahat”, pandangan yang dikatakan menyebabkan nasib buruk. Ini seperti mengetuk kayu untuk tujuan takhayul (lebih lanjut tentang ini di bawah).

Fans menyalin Dio karena mereka pikir itu terlihat keren, dan itu menjadi tanda apresiasi di pertunjukan. Tapi belakangan ini telah menjadi budaya pemuda mainstream, kata Young.

“Rihanna, Britney Spears, dan Avril Lavigne telah melakukannya – mungkin mereka semua adalah penggemar rahasia musik metal – tetapi itu telah menyebabkan beberapa kelompok internet membentuk protes atas ‘penggunaan berlebihan dan penggunaan yang tidak pantas’ dari mengacungkan tanda tanduk. Cukup benar. Serahkan kepada penggemar musik metal. ”

MENINGGALKAN MATA YANG JAHAT

Ketika nenek Italia Dio mengajari dia tanda kornea, dia menggambar pada takhayul yang jauh lebih tua.

SIAPA, APA, MENGAPA?
(foto)
Bagian reguler dari Majalah Berita BBC, Siapa, Apa, Mengapa? bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan di belakang berita utama

Bram Stoker menyebutkannya dalam novelnya Dracula, yang diterbitkan pada tahun 1897. Dalam bab pertama, protagonis Jonathan Harker mencatat hal-hal berikut di dalam jurnalnya ketika dia di Pegunungan Carpathian Eropa Timur:

“Ketika kami mulai, kerumunan di sekitar pintu penginapan, yang saat ini membengkak menjadi ukuran yang cukup besar, semua membuat tanda salib dan menunjuk dua jari ke arah saya. Dengan sedikit kesulitan, saya mendapat seorang rekan-penumpang untuk memberi tahu saya apa maksudnya; dia tidak akan menjawab pada awalnya, tetapi ketika mengetahui bahwa saya orang Inggris, dia menjelaskan bahwa itu adalah jimat atau penjaga terhadap mata jahat.”

Kepercayaan takhayul ini sangat umum di Italia, tetapi juga dibagikan di negara lain.

Di Italia selatan, itu juga dapat diarahkan pada pria yang istrinya dianggap tidak setia, jadi harus dilakukan dengan sangat hati-hati.

‘AYO, THE TEXAN LONGHORNS’

(foto)
Ayo, Texas!

Slogan University of Texas adalah “Hook’em, horns” dan tanda tangan yang menggambarkan moto ini sama dengan yang digunakan oleh penggemar heavy metal.

Ini dimaksudkan untuk melambangkan kepala dan tanduk maskot universitas, burung unta, dan telah digunakan sejak tahun 1950-an.

Fans menggunakannya sebagai ucapan atau hanya untuk menekankan identitas Texas mereka, demonstrasi yang paling terkenal dilihat dalam beberapa tahun terakhir oleh George W Bush.

Istrinya, Laura dan anak-anak perempuannya juga penggemar.

‘AKU CINTA KAMU’

Dengan ibu jari mencuat keluar, itu memiliki makna yang berbeda sepenuhnya.

“Ini adalah tanda Amerika untuk ‘I love you’,” kata Sarah Murray dari British Deaf Association.

(foto)
Obama menggunakannya di jalur kampanye

“Itu mungkin akan diakui oleh orang-orang di sini [di Inggris] tetapi Anda tidak akan melihatnya sering digunakan.”

Politisi Amerika seperti Barack Obama, Bill Clinton dan Dick Cheney telah difoto menggunakannya dengan cara yang sama, meskipun beberapa percaya bahwa Jimmy Carter adalah eksponen pertama ketika mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 1970-an.

Ketika Obama menggunakannya dengan ibu jari mereka mencuat, itu berbeda dari penggunaan khusus Texas oleh George Bush, kata Trevor McCrisken, seorang profesor politik AS di University of Warwick.

“Mereka ingin menunjukkan bahwa mereka peduli dengan orang-orang yang perlu menggunakan bahasa isyarat,” katanya. “Jika Anda berada di acara politik di AS, akan ada beberapa orang di bawah penandatanganan depan kepada penonton, jadi mereka lebih berhati-hati [daripada di Inggris] untuk memastikan bahwa setiap orang dengan kebutuhan khusus dipenuhi . ”

‘BERSANTAI’

(foto)
Ini adalah perayaan merek dagang Ronaldinho

Pada pelantikan presidennya, Presiden Obama terlihat melakukan apa yang dikenal sebagai salam “shaka”, yang memiliki jempol dan jari kelingking diperpanjang.

Hal ini juga dilakukan oleh pemain sepak bola Brasil Ronaldhinho sebagai bagian dari perayaan mencetak golnya.

Di Hawaii, di mana presiden dilahirkan, tanda itu menunjukkan kasih sayang atau “aloha”.

Ini telah diadopsi oleh komunitas surfing yang lebih luas sebagai ucapan yang berarti “hi”, “keren” atau “bersantai”.”

(Google Translate Chrome extension dengan penyesuaian seperlunya, tautan ke bahasa asli (English) di https://bbc.in/2QoOOfM).

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/746074915725046/