[SALAH] Foto Bibir Miring Prabowo Petanda Stroke Ringan

Foto Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto yang diposting oleh akun atas nama Simeon Dallo Tereng di grup Jokowi-KH Ma’ruf Amin merupakan foto hasil editan. Sebab, foto aslinya diambil oleh wartawan Kompas.com bernama Moh. Nadlir yang menjadi foto artikel berjudul “Prabowo: Saya Kehilangan Ajudan, Ditembak Tidak Jelas.” Bila diperhatikan dengan seksama, gambar wajah yang terpotong di sebelah kanan menunjukkan bahwa foto yang diposting oleh Simeon merupakan hasil editan.

 

=====

 

Kategori: Disinformasi

 

=====

 

Sumber: Media Sosial Facebook

 

https://www.facebook.com/groups/184495494950377/permalink/1907988982601011/

 

=====

 

Narasi:

 

Kbanyakan orang yang kalau bibir nya sudah miring sbelah arti nya sudah masuk STROK RINGAN

 

=====

 

Penjelasan Lengkap:

 

Akun atas nama Simeon Dallo Tereng memposting sebuah foto Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto yang memperlihatkan bibirnya miring sebelah. Selain itu, Simeon memberikan narasi yang mengarahkan bahwa bibir miring sebelah merupakan orang yang terkena penyakit stroke ringan. Narasi dan foto yang diposting oleh Simeon itu berkorelasi makna sehingga memunculkan makna bahwa Prabowo pernah terkena stroke ringan.

 

Akan tetapi, bila melihat foto yang dibagikan oleh Simeon, terdapat kejanggalan. Pada bagian bibir Prabowo yang miring terlihat potongan wajah orang ikut menjadi miring.

 

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata foto itu berasal dari foto yang diambil oleh wartawan Kompas.com bernama Moh. Nadlir yang digunakan dalam artikel berjudul “Prabowo: Saya Kehilangan Ajudan, Ditembak Tidak Jelas.”

 

Dalam artikel yang diterbitkan Kompas.com pada tanggal 10 Februari 2018 pukul 18:32 WIB itu, foto wajah Prabowo tidak terlihat miring sebelah. Selain itu, pada foto itu tampak jelas wajah orang di sebelah kanan Prabowo, pada foto yang diposting Simeon terlihat sebagian dan tidak terlihat jelas.

 

Lalu, terkait isu Prabowo pernah terkena stroke pernah di-debunk oleh Bentang Febrylian pada postingan tanggal 28 Februari 2018. Dalam hasil debunk yang dilakukan Bentang, diketahui bahwa Partai Gerindra pernah mengklarifikasi isu Prabowo pernah terkena stroke sebanyak tiga kali.

 

Partai Gerindra mengklarifikasi hal tersebut melalui akun Twitter resminya, yakni @Gerindra. Akun resmi Gerindra itu mencuitkan bahwa Prabowo terkena stroke adalah informasi yang tidak benar. “Tetapi soal kondisi kesehatan pak @prabowo yang dikatakan tidak fit dan sakit, bahkan terkena stroke itu tidaklah benar,” cuit akun Gerindra pada tanggal 27 Februari 2018 menanggapi isu Prabowo tidak fit dan sakit yang disebarkan oleh akun @DaulatDalimunte.

 

Dengan demikian, berdasarkan penjelasan tersebut, maka foto postingan Simeon tersebut merupakan hasil editan dari foto Moh. Nadlir, wartawan Kompas.com.

 

=====

 

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/746370955695442/

https://nasional.kompas.com/read/2018/02/10/18320971/prabowo-saya-kehilangan-ajudan-ditembak-tidak-jelas

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/606254719707067/

https://twitter.com/Gerindra/status/968470446118076416

 

=====

 

Catatan:

 

Selain digunakan pada foto editan yang diposting oleh Simeon, foto dari Kompas.com itu pernah digunakan dalam disinformasi lain yang pernah dibahas oleh Aribowo Sasmito.

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/743828299283041/