(SALAH) Percobaan Pembunuhan Terhadap Habib Alwi Abdurahman Assegaf

Debunk ini berisi Informasi menyesatkan yang dibagikan sebuah akun twitter bernama lutfi ubadi. Informasi itu berupa video dua orang yang tertangkap di sebuah acara majelis Ta’lim dan diklaim ingin melakukan pembunuhan terhadap Habib Alwi Abdurahman Assegaf, namun setelah di telusuri dan pengakuan beberapa warganet yang hadir di acara itu memberikan klarifikasi bahwa yang tertangkap itu adalah tersangka pencurian handphone bukanlah orang yang ingin mencoba membunuh ulama.

======

(KATEGORI): HOAKS

======

(SUMBER): MEDIA SOSIAL

======

(PENJELASAN):

Belum lama ini ramai di media sosial sebuah video yang dibagikan oleh sebuah akun twitter bernama Lutfi Ubadi. Dalam keterangannya ia menyebut bahwa dua orang yang tertangkap itu merupakan pelaku percobaan pembunuhan terhadap Habib Alwi Abdurahman Assegaf saat acara Majelis Ta’lim Zaadul Muslim Albusyuro Citayam, Bogor.

Dalam postingannya, Lutfi juga memberikan statemen bahwa kedua pelaku tersebut merupakan komunis yang sedang beraksi.

“Barusan dpt info telah terjadi percobaan pembunuhan terhadap Habib Alwi Abdurahman Assegaf Benarkah mohon infonya?? apakah Komunis.. sedang beraksi!! @RanupsProSandi
#2019PrabowoPresiden” tulisnya dalam caption video tersebut.

Namun setelah di telusuri, Faktanya orang yang tertangkap dalam video yang beredar luas di media sosial tersebut merupakan pelaku pencurian handphone, hal ini terungkap dari sebuah video yang diunggah oleh pemilik akun Instagram sirojan_muniro_pusat yang meberi penjelasan tentang isi video tersebut.

“Ini kata” yang jelas yang di ucapkan habib alwi Beliau tidak menghakimi sendiri ,akan tetapi beliau menyerahkan kepada pihak yang berwajib.

======

REFERENSI:

Viral! Pendukung @Prabowo @Sandi Bikin HOAX, Maling HP Tertangkap Disebut Mau Bunuh Ulama

https://www.instagram.com/sirojan_muniro_pusat/?utm_source=ig_embed