[SALAH] BENDERA CHINA DIKIBARKAN DI INDONESIA, TANDA BAHWA NEGARA SUDAH DIJAJAH OLEH ASENG

 

Postingan ini berisi penjelasan mengenai kesalahan informasi yang ditulis oleh oknum tidak bertanggung jawab. Seseorang mengunggah sebuah tulisan yang bernada hasutan kala mengomentari tentang berkibarnya bendera China di penutupan Asian Games 2018.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI : HASUT & DISINFORMASI

===

SUMBER : MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

NARASI : ASTAGFIRULLAH, KENAPA BENDERA CINA DIKIBARKAN OLEH PASKIBRA KITA? KENAPA LAGU KEBANGSAAN CINA DINYANYIKAN DI NEGARA KITA? APAKAH INI BUKTI KALAU NEGARA KITA SUDAH DIJAJAH ASENG?

===

PENJELASAN : Asian Games 2018 resmi ditutup pada Minggu 2 September 2018 malam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Acara penutupan berlangsung sangat meriah lantaran diisi oleh sejumlah artis papan atas Indonesia serta para artis negara-negar Asia. Saat berlangsungnya acara penutupan, tak lupa pihak penyelenggara mengumumkan bahwa Asian Games 2022 akan berlangsung di Hangzhou, China.

Sebagai tuan rumah Asian Games berikutnya, sudah sewajarnya bendera China dikibarkan di acara penutupan Asian Games 2018. Sama halnya dengan yang terjadi pada penutupan Asian Games 2014, dimana bendera Indonesia dan lagu Indonesia Raya berkumandang di Incheon, Korea Selatan.

Memang sudah seharusnya tidak ada yang aneh dengan momen tersebut. Namun terdapat beberapa pihak yang justru menyebarkan informasi yang tentunya dapat menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Berbagai ungkapan yang menanyakan soal pengibaran bendera China juga muncul di media sosial baik di twitter maupun facebook.

Perlu diketahui, jika pengibaran bendera serta menyanyikan lagu kebangsaan dalam penutupan Asian Games sudah memiliki aturan tersendiri. Aturan tersebut tertera di dalam Constitution and Rule dari Olympic Council of Asia (OCA).

Berikut bunyi dari peraturan tersebut :

“Bendera OCA dikibarkan pada tiang bendera tengah yang digunakan untuk upacara kemenangan. Kemudian bendera negara yang mengatur Olimpiade dikibarkan di tiang bendera kanan dan Lagu Kebangsaan dimainkan. Setelah itu, bendera negara yang dipilih untuk menyelenggarakan pertandingan berikutnya dikibarkan pada tiang bendera yang tersisa dan lagu kebangsaannya dimainkan”.

===

FAKTANYA : Berkumandangnya lagu kebangsaan China dan pengibaran bendera China di GBK adalah sebagai bentuk serah terima Indonesia kepada China untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2022.

===

REFERENSI :

https://bola.kompas.com/read/2018/09/03/14462538/bendera-china-di-penutupan-asian-games-ternyata-masih-ada-yang-gagal-paham

http://style.tribunnews.com/2018/09/03/ini-alasan-bendera-cina-dikibarkan-di-closing-ceremony-asian-games-2018-bandingkan-dengan-di-korea

https://news.detik.com/berita/4194106/tuan-rumah-2022-bendera-china-dikibarkan-di-closing-asian-games

https://tirto.id/bendera-cina-dikibarkan-saat-penutupan-asian-games-2018-cWwo