[SALAH] KANTOR BANK MANDIRI DI LOMBOK ROBOH AKIBAT GEMPA

 

Media sosial dihebohkan dengan munculnya sebuah gambar postingan instagram story yang terdapat foto kantor Bank Mandiri rusak parah. Tidak adanya keterangan lebih lanjut membuat masyarakat berfikir bahwa rusaknya kantor tersebut diakibatkan oleh gempa.

Selengkapnya terdapat dipenjelasan!

KATEGORI : DISINFORMASI

===

SUMBER : MEDIA SOSIAL INSTAGRAM & YOUTUBE

https://www.youtube.com/watch?v=ywl8rdM850A

===

NARASI :

1. Sebuah capture’an dari instagram story dengan gambar kantor bank mandiri yang rusak parah, serta lokasi yang menyatakan gambar tersebut diambil di KCP Bank Mandiri Pemenang.

2. Detik-detik bank mandiri pemenang runtuh akibar gempa 19 agustius 2018

===

PENJELASAN : Beredar informasi di media sosial bahwa gempa berkekuatan 6,5 SR mengakibatkan robohnya kantor Bank Mandiri di wilayah Kecamatan Pamenang, Lombok Utara, NTB. Dalam video yang beredar, terlihat bahwa kantor Bank Mandiri yang awalnya berdiri tegak kemudian roboh. Di media sosial, beberapa pihak tak bertanggung jawab menyebut jika kejadian tersebut adalah akibat dari gempa berkekuatan 6,5 SR.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui jika fakta sesungguhnya bukanlah akibat gempa melainkan memang sengaja dihancurkan oleh pihak Bank Mandiri. Melansir dari detik.com, Corsec Bank Mandiri Rohan Hafas menyatakan jika gedung tersebut sengaja dirobohkan karena konstruksi bangunan yang sudah tidak kuat lagi pasca diterjang gempa 5 Agustus 2018 lalu.

Menurut Rohan Hafas, gedung tersebut sengaja dirobohkan demi menjaga keselamatan warga sekitar dan pekerja yang terdapat didalamnya. Rohan menambahkan, gedung tersebut sudah dilakukan tes konstruksi dan dinyatakan tidak baik oleh pihak berwenang hingga akhirnya dirobohkan.

===

REFERENSI :

https://news.detik.com/…/video-bank-mandiri-di-lombok-roboh…