[SALAH] Ponpes Bata-Bata Pamekasan Dukung Khilafah Gantikan Pancasila

Pengasuh Pondok Pesantren Bata-Bata, Pamekasan, Jawa Timur RKH Tohir Zain Abd Hamid membantah dirinya mendukung sistem negara khilafah. “Itu tidak benar. Bata-bata adalah pesantren yang mendukung NKRI,” kata Ra Tohir, dalam keterangan persnya di Pamekasan, Minggu.

======

 

Kategori : DISINFORMASI

 

======

 

Sumber : Media Sosial Facebook https://www.facebook.com/jihan.rahmana.7?fref=search

 

======

 

Penjelasan :

 

Sebuah akun di jejaring sosial Facebook yang bernama Arya Menak Segoro, mengunggah status beserta gambar dan video yang membuat heboh warganet.

 

Unggahan tersebut diberi judul “Ulama muda pengasuh Bata Bata setuju gerakan politik idiologi Ganti Presiden Ganti Pancasila Jadi Khilafah. Dukung”, dan di dalam unggahan gambarnya bertuliskan “HTI Madura Masih Eksis, #2019 Ganti Presiden, Ganti ReziM Pancasila dengan Khilafah”.

 

Pengasuh Pondok Pesantren Bata-Bata, Pamekasan, Jawa Timur RKH Tohir Zain Abd Hamid membantah dirinya mendukung sistem negara khilafah, sebagaimana tanggapannya atas unggahan status Arya Menak Segoro.

 

“Itu tidak benar. Bata-bata adalah pesantren yang mendukung NKRI,” kata Ra Tohir, sapaan karib pengasuh Pondok Pesantren Bata-bata itu dalam keterangan persnya di Pamekasan, Minggu.

 

Ra Tohir mengakui, dirinya memang menyatakan, politik ideologis perlu dilakukan, agar ulama tidak terjebak pada politik praktis.

 

“Terkait politik ideologis ini, saya terinspirasi pemikiran Kiai Mutofa Bisri. Tapi kalau mengetahui pergantian khilafah itu, sama sekali tidak benar,” kata Ra Tohir.

 

Kiai muda ini meminta, agar masyarakat tidak terpancing dengan siaran media sosial tersebut dan meminta pemilik akun facebook tersebut segera mengklarifikasi isi informasi yang disampaikan ke publik.

Fact Checker : Levy Nasution

Referensi :

 

https://www.wartaekonomi.co.id/read191819/ponpes-bata-bata-dituding-pendukung-khilafah-begini-pembelaan-pengasuh.html

 

https://m.akurat.co/id-288092-read-ponpes-batabata-pamekasan-bantah-dukung-sistem-khilafah

 

https://www.facebook.com/ibnu.sebastian.5/videos/pcb.2142684539110231/2142683445777007/?type=3&theater

 

 

 

About Levy Nasution 396 Articles
Journalist, traveller