[SALAH] Surat Mengatasnamakan Deputi BPOM terkait Iklan Ucapan Ultah BPOM ke-17

Kepala Seksi Penyidikan BPOM Surabaya, Siti Amanah jika permintaan iklan ucapan HUT oleh BPOM kepada perusahaan tidak benar. “Kami tegaskan kepada semua pihak yang mendapat surat kemitraan dengan BPOM berupa iklan ucapan HUT RI adalah hoax,” ujar Siti kepada Malang Post.

 

======

 

Kategori : HOAKS

 

======

 

Sumber : Media Sosial

 

======

 

Penjelasan :

 

Beredarnya surat dengan mengatasnamakan Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen (BPOM). Dalam surat tersebut perusahaan diminta untuk berpartisipasi memberikan ucapan selamat ulang tahun melalui iklan kemitraan sekaligus sebagai media promosi dengan pembayaran yang telah ditentukan.

 

Hal itu langsung disampaikan rilis resmi dari laman web BPOM RI yang menyampaikan bahwa surat tersebut tidak benar.

 

Hal itu juga ditegaskan Kepala Seksi Penyidikan BPOM Surabaya, Siti Amanah jika permintaan iklan ucapan HUT oleh BPOM kepada perusahaan tidak benar.

 

“Kami tegaskan kepada semua pihak yang mendapat surat kemitraan dengan BPOM berupa iklan ucapan HUT RI adalah hoax,” ujar Siti kepada Malang Post.

 

Ia menjelaskan, salah satu contohnya adalah kerja sama dengan CV. Gitaniel Mitra Bersaudara untuk menerbitkan iklan di media nasional, juga tidak benar. Karenanya terkait hal tersebut, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat termasuk pimpinan perusahaan atau pelaku usaha yang menerima surat pemberitahuan tentang penerbitan iklan kemitraan untuk mengabaikannya.

 

“Jadi saya tegaskan penyebaran surat itu dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Apabila masyarakat, termasuk pimpinan perusahaan/pelaku usaha, menerima permintaan seperti di atas bisa segera melaporkan ke contact center BPOM,” pungkasnya

 

Sebelumnya, kasus serupa juga pernah terjadi di tahun 2017, saat BPOM ultah ke-16.

 

Referensi :

 

https://malang-post.com/ragam/fakta/bpom-tak-minta-iklan-ucapan

 

https://web.facebook.com/search/top/?q=bpom%20ucapan%20iklan

 

 

About Levy Nasution 316 Articles
Journalist, traveller