[BENAR] “KPK Bantah Terima Tiket Gratis Asian Games dari Erick Tohir”

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang membantah institusinya menerima tiket gratis Asian Games 2018 dari Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC), Erick Thohir. “Undangan acara pembukaan yang ada,” kata Saut kepada Medcom.id, Jakarta, Kamis (16/8).

=====

Sumber: Media Daring

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Narasi :
“Undangan acara pembukaan yang ada,” kata Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang kepada Medcom.id, Jakarta, Kamis (16/8).

=====

Penjelasan:
Menjelang pembukaan pesta olahraga Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, tersiar kabar lembaga anti rasuah menerima tiket gratis untuk Asian Games dari Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC), Erick Thohir.

Menanggapi hal tersebut KPK pun memberikan klarifikasinya.

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang membantah kabar tersebut. Ia menerangkan yang ada sesungguhnya adalah undangan pada saat pembukaan Asian Games. “Undangan acara pembukaan yang ada,” katanya.

Diketahui para pimpinan KPK tidak diperkenankan menerima apapun yang bernilai uang dari pejabat maupun penyelenggara negara. Pemberian tiket dapat dikategorikan seperti itu.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menjelaskan ada kemungkinan pimpinan KPK akan hadir untuk menonton pertandingan Asian Games, namun dengan membeli tiket sendiri. “Untuk tiket pertandingan ada pimpinan yang akan ikut menonton, namun beli tiket sendiri sesuai harga yang berlaku umun,” ujar Febri.

Pelaksanaan Asian Games sendiri 45 negara dan akan berlangsung dari 18 Agustus hingga 2 September. Harga tiket untuk menonton pertandingan berada dikisaran Rp. 750.000 – Rp. 5.000. 000.

=====

Referensi:
1. http://news.metrotvnews.com/…/aNrDPX6k-kpk-bantah-terima-ti…
2. https://www.suara.com/…/dapat-undangan-gratis-asian-games-p…
3. https://nasional.inilah.com/…/kpk-bantah-dapat-tiket-gratis…