[SALAH] Stadion Velodrome di Rawamangun Jakarta Terbakar

Project Director Jakarta International Velodrome PT Jakpro, Iwan Takwin, memberikan pernyataannya. “Jadi yang kebakar itu adalah posisinya jauh dari Velodrome. Jadi posisinya itu Velodrome, di belakang Velodrome ada gudang (Dispora), nah di belakang gudangnya lagi yang kebakar. (Api) juga tidak sampai ke gudang,” kata Iwan.

======

Kategori : MISINFORMASI

======

Sumber : Media Sosial Facebook

======

Penjelasan :

Informasi yang menyebutkan bahwa telah terjadi kebakaran di salah satu arena Asian Games 2018 yaitu stadion Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, menghebohkan media sosial.

Kabar tersebut dibantah Project Director Jakarta International Velodrome PT Jakpro, Iwan Takwin.

“Jadi yang kebakar itu adalah posisinya jauh dari Velodrome. Jadi posisinya itu Velodrome, di belakang Velodrome ada gudang (Dispora), nah di belakang gudangnya lagi yang kebakar. (Api) juga tidak sampai ke gudang,” kata Iwan saat dimintai konfirmasi oleh detikSport.

Iwan menjelaskan titik lokasi kebakaran kemungkinan dari tempat baseball, yang jaraknya hampir 100 meter dari Velodrome. Gudang Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) yang ada di belakang Velodrome bahkan dalam kondisi aman.

“Jadi ada pekerjaan kontraktor dari baseball di situ. Mungkin di sana ada gudang kayu, mereka mungkin lagi ngelas atau apalah, nah di sana kebakar. Bahkan gudang Dispora tidak kena. Sekarang sudah padam sekitar maghrib tadi,” sambung Iwan.

“Dari Velodrome ke lokasi kebakaran itu lebih dari 60 meter, hampir 100 meter, lah. Posisinya juga diagonal. Sistem kebakaran di Velodrome juga standby, bahkan hydrant di Velodrome tadi juga dipakai buat bantu pemadaman di sana.”

Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari, juga mengonfirmasi bahwa kebakaran tidak terjadi di lokasi Velodrome dan gedung itu siap menggelar Asian Games 2018.

“Itu deket baseball tapi bukan di kita. Tak mempengaruhi kesiapan velodrome untuk Asian Games,” kata Okto.

Fact Checker : Levy Nasution

About Levy Nasution 369 Articles
Journalist, traveller