[SALAH] Jokowi Angkat Bicara Terkait Demo Massa #2019GantiPresiden di depan Toko Markobar

Akun Facebook bernama Pakde Jokowi itu bukan merupakan akun resmi dari Presiden Jokowi. Sebabnya karena akun resmi Presiden Jokowi sudah mendapat verifikasi dari Facebook dengan tanda centang biru.

 

======

 

Kategori : HOAKS

 

======

 

Sumber : Media Sosial Facebook https://www.facebook.com/pakdejokowiku/

 

Narasi :

 

Istri, anak dan keluarga, saya jauhkan dari urusan politik. Jadi kalau kalian demo ganti Presiden di depan bisnisnya Gibran, terus apa hubungannya? Demo silahkan, tapi mbok yang pinter dikit.

 

======

 

Penjelasan :

 

Akun Facebook bernama Pakde Jokowi @pakdejokowiku mengunggah status dalam laman Facebook, yang isi statusnya terkait penyampaian pendapatnya terhadap aksi massa #2019GantiPresiden yang berunjuk rasa di depan gerai Markobar, Kota Barat, Solo, Minggu (1/7/2018).

 

Seperti diketahui, Markobar merupakan bisnis kuliner yang dimiliki oleh putra sulung Jokowi Gibran Rakabuming Raka.

 

Isi unggahan tersebut bertuliskan “Istri, anak dan keluarga, saya jauhkan dari urusan politik. Jadi kalau kalian demo ganti Presiden di depan bisnisnya Gibran, terus apa hubungannya? Demo silahkan, tapi mbok yang pinter dikit.”

 

Faktanya, akun bernama Pakde Jokowi itu bukan merupakan akun resmi dari Presiden Jokowi. Sebabnya karena akun resmi Presiden Jokowi sudah mendapat verifikasi dari Facebook dengan tanda centang biru.

Dilansir dari Tirto.id, hasil periksa fakta atas foto massa berkumpul dan berkaos #2019GantiPresiden yang viral di media sosial tidak tepat disebut sebagai aksi demonstrasi warung martabak Markorbar. Benar bahwa massa yang berkumpul dalam foto itu berlokasi di depan warung Markobar Jalan Dr. Moewardi, Surakarta. Kegiatannya adalah acara jalan sehat bersama dari DSKS sekaligus acara deklarasi #2019GantiPresiden.

Namun, aksi #2019GantiPresiden itu tidak dimaksudkan dilakukan di warung Markobar atau sebagai kegiatan mendemo anak Jokowi.

Fact Checker : Levy Nasution

Referensi :

 

https://tirto.id/benarkah-massa-2019gantipresiden-mendemo-markobar-cNoh

 

About Levy Nasution 298 Articles
Journalist, traveller