[SALAH]: M. Romahurmuziy : Yang Naikkan BBM itu SPBU Jangan Salahkan Presiden yang Cinta Rakyat

Debunk ini berisi sebuah screenshot berupa statement dari ketua umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhammad Romahurmuziy yang terpampang di portal berita online yang berisi bahwa yang naikkan harga BBM adalah SPBU dan jangan salahkan Presiden yang cinta rakyat. Namun hal tersebut langsung dibantah oleh Romahurmuziy lewat akun twitter pribadinya bahwa ia tidak pernah mengluarkan statement seperti yang ada pada judul berita tersebut.

======

[KATEGORI]: KLARIFIKASI

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

======

[PENJELASAN]:

Sebuah capture berita online dengan fokus pernyataan Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy atau Romy, beredar di sosial media Facebook dan Twitter.

Pernyataan Romy pada capture tersebut terkait kebijakan kenaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Penelusuran Banjarmasinpost.co.id Senin (2/7/2018), pada bagian judul tertulis: Romy:”Yang naikan harga BBM itu SPBU jangan salahkan Presiden yang cinta rakyat”.

Sementara pada bagian pojok kiri capture foto itu tertulis Banjarmasin Post yang bagian atas huruf (logo) terpotong, namun masih bisa terbaca seolah-olah berita itu dicapture dari portal Banjarmasinpost.co.id (banjarmasin.tribunnews.com).

Informasi atau berita dan capture tersebut bisa dipastikan adalah hoax dan menyesatkan.

Pasalnya, Banjarmasinpost.co.id tak pernah menulis dan mengunggah konten tersebut.

Pemimpin Redaksi Banjarmasin Post Group Musyafi menegaskan, capture tersebut tidaklah benar berasal dari portal banjarmasinpost.co.id. karena itu, pihaknya tidak bertangggungjawab atas kebenaran atau kesalahan informasi dalam capture itu.

Musyafi menegaskan, kepada pihak-pihak yang menyebarkan capture palsu tersebut agar segera menarik atau mengklarifikasinya agar tidak merugikan banyak pihak, termasuk banjarmasin post.

Sementara itu, Ketum PPP Muhammad Romahurmuziy juga membantah capture foto tersebut lewat akun twitternya.

“Pagi2 ditanyain apakah ini statemen saya? Level hoax yg semakin meningkat menunjukkan kecintaan. Klo statement anda makin dihoaxkan, maka anda semakin dicintai ehm ..ehm. Nah, sama skali tak pernah ada wawancara sy tentang ini. Kok ya ada hoax-ers yg bikinnya konyol abis begini”, pungkasnya.

======

REFERENSI:

http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/07/02/beredar-capture-portal-banjarmasin-post-palsu-tentang-pernyataan-ketua-ppp-musyafi-itu-hoax

twitter.com/MRomahurmuziy