[BENAR] “SMRC Bantah Lakukan Quick Count untuk Pilbup Pinrang”

[BENAR] “SMRC Bantah Lakukan Quick Count untuk Pilbup Pinrang”

Koordinator Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) wilayah Sulawesi, Riswadi Atto Taroempoe membantah kabar yang mengatakan lembaganya melakukan dan mempublikasikan hasil perhitungan cepat atau quick count yang memenangkan pasangan calon Abdul Latif – Usman Marham dengan raihan suara 37,02% di Pemilihan Bupati (Pilbup) Pinrang. “Survei yang beredar itu kami pastikan hoaks. Sangat merugikan lembaga kami,” ujar Riswadi, Rabu (27/6).

=====

Sumber: Media Daring

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Narasi :
“Survei yang beredar itu kami pastikan hoaks. Sangat merugikan lembaga kami,” ujar Riswadi, Rabu (27/6).

=====

Penjelasan:
Pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak kemarin, nyatanya masih ada pihak yang tidak bertanggungjawab menyebarkan kabar bohong atau hoaks untuk mempengaruhi persepsi publik. Peristiwa ini terjadi terkait hasil quick count untuk Pemilihan Bupati (Pilbup) Pinrang, Sulawesi Selatan.

Nama lembaga survei, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dicatut untuk mengeluarkan hasil quick count yang memenangkan pasangan calon Pilbup Pinrang Nomor Urut 1, Abdul Latif – Usman Marham (BERSALAM). BERSALAM berdasarkan versi quick count tersebut, diperkirakan memperoleh suara 37,02% mengungguli empat pasangan calon lainnya.

Menaggapi informasi ini, Koordinator SMRC Wilayah Sulawesi, Riswadi Atto Taroempoe menyatakan lembaganya tidak pernah melakukan quick count untuk Pilbup Pinrang 2018.

“Survei yang beredar itu kami pastikan hoaks. Sangat merugikan lembaga kami,” ujar Riswadi, Rabu (27/6).

Ia pun heran, mengapa ada oknum yang dengan sengaja menyebarluaskan hasil quick count mengatasnamakan SMRC. Padahal, jauh hari sebelumnya, pihaknya tidak pernah mempublikasikan akan melakukan hitung cepat ataupun exit poll.

“Kami memang quick count, tapi tidak untuk Pilkada Pinrang. Kami quick count untuk Pilgub Sulsel dan itu kami memang telah umumkan sebelumnya, dan daftarkan secara resmi di KPU. Jadi sekali lagi, kami pastikan quick count yang mengatasnamakan SMRC (di Pinrang) itu hoaks,” tegas Riswadi.

Diketahui sebelumnya Tim BERSALAM mengklaim quick count SMRC tak berbeda jauh dengan real count yang dilakukan internalnya. BERSALAM unggul dengan persentase sebesar 40,12%.

“Hasil tersebut tidak jauh dari perhitungan kami sebelum pencoblosan. Dan sejak awal, kandidat kami memang unggul dari rival-rivalnya,” kata Ketua Tim Pemenangan BERSALAM, Arifuddin Malli.

=====

Referensi:
1. http://pilkada.rakyatku.com/…/bersalam-klaim-unggul-di-pilk…
2. http://pilkada.rakyatku.com/…/smrc-kami-tak-gelar-quick-cou…
3. http://fajaronline.co.id/…/smrc-tak-gelar-quick-count-di-pi…