[SALAH] Foto Hasil Tangkapan Layar Sebuah Laptop Bergambar MS Excel Tentang “Hasil Pilwali Kota Mojokerto” yang Dibuat oleh KPU

Saiful Amin Solihin, Ketua KPU Kota Mojokerto, Rabu (27/6) malam, memastikan foto tersebut adalah hoaks alias bohong. ”Dengan demikian, kami pastikan apa yang beredar adalah hoax,” tandas Amin.

 

======

 

Kategori : HOAKS

 

======

 

Sumber : Media Sosial

 

======

 

Penjelasan :

 

Beredar sebuah foto berupa hasil tangkapan layar sebuah laptop bergambar Microsoft Excel yang berisi data rekapitulasi suara dalam Pilwali Kota Mojokerto, membuat masyarakat di wilayah Mojokerto heboh. Pada gambar tersebut juga, nampak terlihat separo logo KPU.

 

Saiful Amin Solihin, Ketua KPU Kota Mojokerto, Rabu (27/6) malam, memastikan foto tersebut adalah hoaks alias bohong. ”Dengan demikian, kami pastikan apa yang beredar adalah hoax,” tandas Amin, dilansir dari Jawapos.com.

 

Dia menegaskan, selama tahapan penghitungan pilwali Kota Mojokerto maupun pilgub Jatim, KPU tidak pernah membuat rekapitulasi menggunakan model serupa.

 

”Bukan soal angkanya, tapi soal logo KPU dan seterusnya. Ini kan seolah kami yang membuat lalu datanya bocor ke publik,” pungkas Amin. Dia berharap, warga Kota Mojokerto yang menerima atau mengetahui kabar hoaks tersebut segera mengabaikan. Sebaliknya, tidak menjadikan patokan atau jusru menyebarluaskan.

 

Dengan harapan, tidak terjadi kegaduhan atau justru menimbulkan masalah perihal perolehan suara. ”Tujuannya, bisa jadi membentuk opini publik sudah ada pemenang. Atau menunjukkan keberpihakan. Sebab, data rekap KPU bisa bocor. Padahal kami nggak bikin,” paparnya.

 

Fact Checker : Levy Nasution

Referensi :

 

https://radar.jawapos.com/radarmojokerto/read/2018/06/27/83562/logo-dicatut-rekapitulasi-pilwali-ketua-kpu-kami-pastikan-itu-hoax

 

 

 

 

 

 

About Levy Nasution 278 Articles
Journalist, traveller