[SALAH] “Dukung UAS Jadi Ketum PBNU”

Tanpa sumber informasi yang kredibel, menambahkan klaim “Dosen UIN Sunan Gunung Djati” dan “Sebagian Kalangan NU” di narasi tidak menjadikan informasi tersebut valid. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Hoaks.

======

SUMBER

http://bit.ly/2ytKp6j, post dari akun “Andi Firmansyah” (facebook.com/kusuma.ekhwandane). Sudah dibagikan 6.028 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Dukung UAS Jadi Ketum PBNU”

“Lagi Hebooh! Dosen UIN Sunan Gunung Djati Menungkapkan Sebagian Kalangan NU sangat Mengharapkan Ustadz Abdul Somad memimpin NU menggantikan Aqil Siradj”.

======

PENJELASAN

http://bit.ly/2rhTadC, firsdraftnews.org: “Konten Palsu

Konten baru yang 100% salah dan didesain untuk menipu serta merugikan”.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2H4PMJM, tentang “Appeal to Authority”: “Dalam kerja jurnalistik pernyataan narasumber lazimnya diverifikasi terlebih dahulu dan diberi penjelasan dalam kapasitas apa narasumber memberikan pernyataannya. Pernyataan tersebut mestinya diuji dengan pertanyaan-pertanyaan seperti, apa bukti dari pernyataan tersebut? Dalam konteks bagaimana narasumber bisa mendapat informasi tersebut? Serta, apa kemungkinan bias motif politik narasumber dalam menyampaikan pernyataan tersebut?”.

——

(2) http://bit.ly/2MG7cPo, akun Instagram yang memuat sumber post, sudah tidak bisa diakses.

——

(3) http://bit.ly/2loFzxX, post-post yang sebelumnya oleh akun Instagram “Media Ummat Islam” (@raja.copas).

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/663784583954080/