[BENAR] Klarifikasi Pihak Kepolisian Terkait Isu Pembegalan di Pesing, Jakarta Barat

Pihak Kepolisian memberikan klarifikasi atas beredarnya pesan berantai berupa rekaman suara atau voice note tentang isu pembegalan di Pesing, Cengkareng, Jakarta Barat. Dilansir dari kompas.comdetik.comkriminologi.com, dan gridoto.com, Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat AKBP Edy Suranta Sitepu, menegaskan, isu pembegalan di flyover atau Jembatan Layang Pesing adalah tidak benar. “Jakarta Barat ada yang menyatakan tak aman, dengan beredarnya voice note pembegalan, di Jembatan Fly Over pesing. Itu tidak benar. Hoaks,” tegasnya.

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Isi Klarifikasi Lengkap:

Atas beredarnya pesan berantai berupa rekaman suara atau voice note mengenai isu pembegalan di Pesing, Cengkareng, Jakarta Barat, pihak Kepolisian memberikan klarifikasi. Dilansir dari kompas.comdetik.comkriminologi.com, dan gridoto.com, Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat AKBP Edy Suranta Sitepu, menegaskan, isu pembegalan di flyover atau Jembatan Layang Pesing adalah tidak benar.

“Jakarta Barat ada yang menyatakan tak aman, dengan beredarnya voice note pembegalan, di Jembatan Fly Over pesing. Itu tidak benar. Hoaks,” tegasnya.

Edy juga menjelaskan, baik sebelum atau selama bulan Ramadan, tingkat kejahatan di Jakarta Barat menurun 13 persen. “Kemudian yang katakan daerah Jakbar, khususnya di Pesing, rawan begal tak ada. Bahkan tren kejahatan Jakbar selama Ramadan, sebelum atau selama Ramadan, menurun 13 persen, bukan naik, tapi menurun 13 persen,” ungkapnya.

Adapun, Edy mengatakan, saat ini pihaknya sudah membentuk tim khusus untuk mencari pengedar pesan suara tersebut. Bila sudah ditangkap, Edy memastikan, pihak Polres Metro Jakarta Barat akan merilis kabarnya.

“Kami sudah bentuk tim untuk menyelidiki kasus ini. Saat ini, anggota kami sedang di lapangan untuk cari pelaku yang sebarkan berita bohong. Apabila pelaku nanti ditemukan, pelaku akan kami proses sebagaimana yang dimaksud dengan UU ITE,” kata Edy.

Selain voice note tentang pembegalan, Edy juga membantah adanya beredarnya voice note tentang terjadi tumpahan oli di Flyover Pesing. “Semalam beredar juga tumpahan oli di pesing. Ini informasi meresahkan. Kami telusuri kemarin. Flyover pesing nihil,” ucap Edy

=====

Referensi:

https://megapolitan.kompas.com/read/2018/06/20/09244701/polisi-sebut-voice-note-soal-pembegalan-di-flyover-pesing-hoaks

https://news.detik.com/berita/4073523/polisi-bentuk-tim-buru-penyebar-hoax-pesing-jakbar-rawan-begal

https://kriminologi.id/hard-news/umum/rekaman-suara-begal-di-flyover-pesing-hoaks-pelaku-terancam-uu-ite

https://otomotifnet.gridoto.com/read/02253900/hoax-semata-kasat-reskrim-bantah-pesan-berantai-soal-flyover-pesing-rawan-begal?page=all#!%2F