[SALAH] @ArieKuntung: “Anak 4 Tahun Bermigrasi Sendirian di Gurun Dari Suriah ke Jordan”

“Kenyataannya adalah, nama anak tersebut adalah Marwan dan (karena) lambat dia tertinggal dari rombongan pengungsi termasuk keluarganya dan bertemu ibu/keluarganya belakangan jadi (di dalam) tas tidak ada pakaian dari ibunya yang meninggal seperti yang diberitakan di berita palsu.
“Inilah Marwan 4 tahun, yang terpisah sementara dari keluarganya, sedang dibantu oleh staf UNHCR untuk menyeberangi #Yordania”.

Orang tersebut, Andrew Harper, yang pertama kali mencuitkan foto tersebut di Februari 2014 – 4 tahun yang lalu mengklaim sebagai “Mantan Representasi Agensi Pengungsi PBB di Yordania, menyukai semua hal yang inovatif, kini Direktur dari Program Pendukung & Manajemen untuk UNHCR. Tidak menyukai rapat yang lama & pesimisme.
Jenewa, Swiss, unhcr.org”

Dia secara spesifik mengatakan “Terpisah Sementara” ketika foto menjadi viral tahun itu dan banyak perusahaan media tertipu olehnya, mengklaim (anak tersebut) sendirian.”

======

KATEGORI
Disinformasi.

======

SUMBER
https://goo.gl/PjMEfL, sudah dibagikan 1.593 kali ketika tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Anak 4 th bermigrasi sendirian di gurun dr Suriah ke Jordan,ditemukan unhcr hny bw tas pakaian dari ibu dan adiknya, yg terbunuh di Suriah.”

======

REFERENSI

(1) SM Hoax Slayer: “Truth –
The truth actually is, the kid’s name is Marwan and being slow he was left behind a little from the Refugee crowd including his family and met his Mother/family later so the bag didn’t have clothes of dead mother as fake news says.
“Here 4 year old Marwan, who was temporarily separated from his family, is assisted by UNHCR staff to cross #Jordan“

The man, Andrew Harper, who first tweeted the photo in Feb 2014 i.e 4 years ago claims to be “Former UN Refugee Agency Rep in Jordan, love all things innovative, now Director of Program Support & Management for UNHCR. Despise long meetings & pessimism.
Geneva, Switzerland, unhcr.org”

He specifically said “Temporarily Separated” while the photo became viral that year and many media houses too fell for it, claiming him to be alone.”, selengkapnya di https://goo.gl/Wk88sX.

——

(2) https://goo.gl/RXedCZ, @dw_saptarini Replying to @ArieKuntung and @BhayuArta: “Dia terpisah cuma sebentar. Ini beritanya”.

——

(3) The Guardian: “Image of Syrian boy in desert triggers sympathy – and then a backlash
UN photo throws spotlight on child refugees, though retweeter’s claim four-year-old was crossing desert alone proves false”, selengkapnya di https://goo.gl/dMQxMg.

======

CATATAN

Saya anggap disinformasi karena ini kali ke dua akun tersebut menyebarkan informasi yang tidak benar, referensi: “[HOAX] Ustadz Abdul Somad Dihadiahi Mobil Alphard” https://goo.gl/Av8uot.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/612355209097018/