[SALAH] “Sekjen PSI Minta Maaf Lewat SMS agar Laporan Jangan Diteruskan”

Setelah dilaporkan oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sekaligus Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon, Sekretaris Jendral (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni dikabarkan telah meminta maaf melalui SMS. Namun, Raja Juli membantah dengan mengatakan itu fitah dan menyatakan siap menghadapi tuntutan tersebut.

KATEGORI: Hoaks

=====

SUMBER: Twitter (https://twitter.com/HukumDan/status/972740988648095744)

=====

NARASI:
Katanya siap dipanggil Polisi tapi koq minta maaf lewat sms. Minta laporan jangan diteruskan
haha.. Sekjen Milenial partai Norak @AntoniRaja
kamu kek layangan singit. Kemana aja nyasar gak jelas. #Kampungan

=====

PENJELASAN:

Narasi di atas dituliskan oleh akun twitter @HukumDan pada, Senin (11/3). Meski tidak dituliskan secara tegas, kepada siapa, Sekjen DPP PSI, Raja Juli Antoni meminta maaf, namun diketahui baru-baru ini yang melaporkan Raja Juli ke Bareskrim Polri ialah Waketum Partai Gerindra yang juga Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.

Tidak menunggu waktu lama, Raja Juli pun memberikan klarifikasinya melalui akun twitternya, @AntoniRaja. “Ini fitnah gaya Saracen. Saya tdk pernah minta maaf pakai SMS. 😀,” tulis Raja Juli, Selasa, (12/3).

Selain itu, Raja Juli di beberapa media menyatakan dirinya tidak akan kabur dan siap menghadapi laporan dari Fadli Zon. Kabur yang dikatakan Raja Juli, dicontohkan seperti Umrah dalam waktu yang lama.

“Saya enggak akan pergi dari Indonesia, keluar negeri apalagi umrah lama-lama. Saya di Jakarta kalau ada panggilan saya datang, akan saya hadapi dengan baik semuanya,” kata Raja Juli, Sabtu (10/3).

Meski begitu, Mantan Direktur Eksekutif Maarif Institute itu meminta, agar laporan yang dibuat Fadli Zon harus jelas dan komperhensif. “Apakah secara hukum nanti deliknya tepat atau tidak, kemudian ada masalah dengan cuitan saya, sekali lagi saya persilahkan dalam proses hukum nanti,” terang Raja Juli.

Karena menurut Raja Juli, jika delik dan pasal laporannya salah, kepolisian tidak akan memprosesnya. Dan khawatir nanti dikatakan Raja Juli itu bagian dari rezim.

Diketahui, Raja Juli dilaporkan oleh Fadli Zon atas twitwar yang isinya berbunyi, “Bro @anandasukarlan akan dilaporkan ke polisi oleh tukang buat hoax tiap hari. Kita support bro @anandasukarlan. Yang setuju RT pls!,” tulis Raja Juli, Jumat (2/3).

Fadli Zon melalui kuasa hukumnya Hanfi Fajri melaporkan Raja Juli ke Bareskrim Polri pada Jumat malam (9/3). Laporan itu diterima kepolisian dengan Nomor LP/334/III/2018/Bareskrim tertanggal 9 Maret 2018.

“Kami melaporkan Raja Antoni terkait statment yang menyatakan Fadil Zon biang dari penyebaran hoaks sehari 3 kali dan yang sebelumnya menyatakan Fadli menyebar berita hoaks setiap hari. Itu tidak benar,” kata Hanfi di Bareskrim, Jakarta, Jumat (9/3).

REFERENSI:
1. https://twitter.com/AntoniRaja
2. http://www.tribunnews.com/…/dilaporkan-fadli-zon-sekjen-psi…
3. https://www.cnnindonesia.com/…/siap-dipanggil-polisi-sekjen…
4.http://www.netralnews.com/…/dipolisikan.fadli.zon..raja.jul….
5. http://nasional.kontan.co.id/…/dituduh-penyebar-hoax-fadli-…

Fact Cheker: Dedy Helsyanto