[BERITA] “Saracen mungkin telah ditutup tapi Indonesia masih perlu rencana untuk menurunkan generator berita palsu lainnya.”

Google Translate: “Saracen mungkin telah ditutup tapi Indonesia masih perlu rencana untuk menurunkan generator berita palsu lainnya.

Seperti di tempat lain, dibutuhkan kredibilitas media dan keaksaraan digital yang lebih baik.

OLEH ERIN COOK
Sambatan
DITERBITKAN 2 Nov 2017, 12:05
UPDATED 3 Nov 2017, 10:18 am
Aribowo Sasmito, pendiri Mafindo
Aribowo Sasmito, pendiri Mafindo, bergabung dengan Nahdlatul Ulama, organisasi Muslim terbesar di Indonesia, untuk meluncurkan kampanye #TurnBackHoax, yang menggunakan media sosial untuk menghilangkan khayalan dan cerita palsu. Foto disediakan oleh Aribowo Sasmito
‘Berita palsu’ bukanlah hal baru di Asia Tenggara, dengan media yang dikendalikan negara secara historis memompa keluar pesan pro-pemerintah di seluruh wilayah.

Tapi, di Indonesia, media sosial dan pembatasan yang melonggarkan pada pers menimbulkan ancaman baru karena berita palsu melampaui menghasilkan berita utama untuk menabur pembagian sosial dunia nyata. Produsen berita palsu di Indonesia telah mengeksploitasi perbedaan etnis, ras dan agama yang sudah ada sebelumnya untuk menghasilkan kemacetan lalu lintas atau politik di tengah pemilihan yang diperebutkan secara ketat, terutama saat pemilihan gubernur di Jakarta pada awal 2017. Daripada mereda setelah pemungutan suara, operasi ini terus berlanjut. mendorong perkembangan respons inovatif untuk menghambat pengaruhnya.

Penutupan generator berita palsu terbesar di negara itu pada bulan Agustus merupakan ilustrasi upaya para pembuat kebijakan dan aktivis untuk memperluas upaya pemberantasan berita palsu menjelang pemilihan umum tahun 2019.

Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama Foto: jafriyalbule / Shutterstock
Uang tunai untuk kampanye

Dilaporkan menawarkan layanan di mana ‘berita’ diterbitkan dan disebarluaskan seharga $ 5.550 per kampanye, sindikat Saracen yang terkait dikaitkan dengan kebohongan yang merusak tersebar di bekas gubernur Jakarta Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama, yang menjalani dua tahun kontroversial. hukuman penghujatan, serta Presiden Joko Widodo dan sekutu-sekutunya.

Lima orang telah ditangkap sehubungan dengan Saracen, termasuk kader berusia 32 tahun Jasriadi, yang membantah tuduhan bahwa dia membajak 800.000 akun media sosial, dengan mengatakan bahwa angka tersebut kemungkinan lebih besar sekitar 150.000 – dan hanya akun pengguna yang dianggap telah ‘ menyerang ‘ mantan jenderal militer dan calon presiden gagal Prabowo Subianto.

Kasus Saracen adalah salah satu profil paling tinggi di Indonesia, tapi sama sekali bukan satu-satunya. Di media sosial yang terobsesi dengan Indonesia, posting online berpotensi menimbulkan dampak yang lebih luas, seperti demonstrasi kekerasan bulan lalu di Jakarta Pusat dimana para pemrotes muncul setelah pesan peringatan demonstrasi pro-komunis menjadi virus.

Demikian juga, Sutopo Purwo Nugroho, kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), telah dipaksa untuk menghilangkan kotoran dan laporan palsu tentang letusan gunung berapi di Gunung Agung di Bali , yang mengancam ratusan ribu rumah tangga dan masyarakat pariwisata Bali – contoh lain dari jenis insiden yang membuat Indonesia berebut untuk mendapatkan kembali kontrol pesan media.

Masalah spiraling

Ross Tapsell, seorang ahli media Indonesia di Universitas Nasional Australia, mengaitkan masalah berita palsu dengan tangkapan media seluler dan sosial yang cepat di Indonesia pada saat kepercayaan pada media arus utama menurun (seperti di sebagian besar dunia).

“Solusi ditemukan melalui peningkatan kredibilitas media mainstream, akses internet dan keaksaraan digital di Indonesia,” kata Tapsell. “Munculnya ‘berita tipuan’ demikian merupakan cerminan kegagalan jangka panjang di bidang ini, dan bukan sesuatu yang dapat diperbaiki segera atau mudah.”

Untuk saat ini, pemerintah Indonesia mengambil pendekatan yang berbeda: sebuah badan khusus telah dibentuk di dalam Kepolisian Nasional untuk menargetkan pencipta berita palsu sebagai bagian dari perluasan unit kejahatan cyber di bulan Februari dari 40 petugas menjadi 100 orang. Dan Kementerian Komunikasi dan Informasi juga bekerja sama dengan Google untuk meluncurkan Program Pelepasan Tepercaya di mana para sukarelawan dapat memberi petunjuk dari raksasa internet tentang berita palsu, konten yang radikal atau tidak dapat dipercaya di sejumlah situsnya, termasuk YouTube.

Membuang tipuan

Sementara itu, dua kelompok masyarakat sipil – Nahdlatul Ulama yang berkuasa, organisasi Muslim terbesar di Indonesia, dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) – meluncurkan kampanye #TurnBackHoax setelah pemilihan gubernur yang memecah belah dan pahit.

Kampanye tersebut menggunakan media sosial untuk menghilangkan tipu muslihat dan cerita palsu, namun dengan perkiraan 88,1 juta orang Indonesia yang aktif online, relawan dan aktivis tetap berada di minoritas. Meski demikian, tim di balik kampanye tersebut tetap optimis untuk mendapatkan daya tarik, dengan pendiri Mafindo Aribowo Sasmito menunjuk ke keanggotaan aktif Forum Anti-Slander, Seders and Hoax aktif mereka.

Tapi, katanya, berita palsu membutuhkan respon multi-cabang. “Mafindo adalah tentang pembongkaran dan pendidikan, tapi hasilnya tidak akan secepat pendekatan pemerintah dengan penegak hukum,” kata Sasmito.

“Pendekatan pemerintah saat ini bersifat jangka pendek karena tidak terlibat langsung dengan gerakan anti-tipuan.”

Sasmito juga mengatakan bahwa pemain global seperti Facebook, Twitter dan Google harus berperan lebih aktif dalam memberantas berita palsu.

“Kami telah bertemu dengan beberapa dari mereka dan biasanya tanggapan mereka adalah: kami tahu akun yang menyebarkan tipuan, kami tahu jaringannya, kami memiliki sarana untuk menghentikan mereka tapi kami bukan agen penyensoran,” katanya.

Tapi, saat menjinakkan binatang berita palsu adalah tantangan yang terus berlanjut, ada beberapa hal positif di cakrawala, menurut Sasmito: “Kabar baiknya adalah mereka akan melakukan yang terbaik untuk memberikan bantuan dan bantuan pada gerakan anti-tipuan, dan Mafindo adalah sudah bekerja dengan beberapa platform dan penyedia media. ”

“Mafindo adalah tentang debunking dan pendidikan – [yang tidak] secepat … penegakan hukum”

Berita palsu
Indonesia
ERIN COOK
Erin Cook adalah jurnalis yang berbasis di Jakarta yang meliput Asean dan Asia Tenggara. Dia mengucapkan buletin Dari Mulut ke Mulut, mengumpulkan cerita-cerita teratas dan analisis terbaik dari wilayah tersebut setiap hari Jumat. Ikuti Erin Cook di Twitter.”

============

Artikel asli: “Saracen may have been shut down but Indonesia still needs a plan to take down other fake news generators.

Like everywhere else, it needs better media credibility and digital literacy.

By ERIN COOK
Splice
PUBLISHED 2 Nov 2017, 12:05 pm
UPDATED 3 Nov 2017, 10:18 am
Aribowo Sasmito, the co-founder of Mafindo
Aribowo Sasmito, the co-founder of Mafindo, joined forces with Nahdlatul Ulama, Indonesia’s largest Muslim organization, to launch the #TurnBackHoax campaign, which uses social media to dispel hoaxes and fake stories. Photo provided by Aribowo Sasmito
‘Fake news’ is not new to Southeast Asia, with state-controlled media outlets historically pumping out pro-government messaging across the region.

But, in Indonesia, social media and loosening restrictions on the press pose a new threat as fake news goes beyond generating headlines to sow real-world social divisions. Fake news producers in Indonesia have exploited pre-existing ethnic, racial and religious differences to generate either traffic or political unrest amid hotly contested elections, notably during the Jakarta gubernatorial election in early 2017. Rather than winding down after the vote, these operations have continued prompting the development of innovative responses to hamper its influence.

The shutdown of the country’s largest fake-news generator in August is illustrative of attempts by policymakers and activists to expand efforts to combat fake news ahead of general elections in 2019.

Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama
Former Jakarta governor Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama Photo: jafriyalbule / Shutterstock
Cash for campaigns

Reportedly offering a service in which ‘news’ is published and disseminated for $5,550 per campaign, the so-called Saracen syndicate has been linked to damaging falsehoods spread about former Jakarta governor Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama, who is serving a controversial two-year sentence for blasphemy, as well as President Joko Widodo and his allies.

Five people have been arrested in connection with Saracen, including 32-year-old ringleader Jasriadi, who disputes allegations he hacked 800,000 social media accounts, saying the figure is more likely around 150,000 – and only accounts of users deemed to have ‘attacked’ former military general and failed presidential candidate Prabowo Subianto.

The Saracen case is one of the most high-profile in Indonesia, but it is by no means the only one. In social media-obsessed Indonesia, online posts have the potential to create wider repercussions, such as last month’s violent protest in Central Jakarta in which counter-protesters turned up after messages warning of a pro-communist rally went viral.

Likewise, Sutopo Purwo Nugroho, head of the National Disaster Management Agency (BNPB), has been forced to debunk hoaxes and fake reports of a volcanic eruption of Bali’s Mount Agung, which threatens hundreds of thousands of Balinese households and tourism communities—just another example of the kinds of incidents that have left Indonesia scrambling to regain control of media messaging.

Spiralling problem

Ross Tapsell, an expert in Indonesian media at the Australian National University, attributes the spiralling fake news problem to the rapid uptake of mobile and social media in Indonesia at a time when trust in mainstream media is declining (like in much of the world).

“Solutions are found through improving Indonesia’s mainstream media credibility, internet access and digital literacy,” Tapsell says. “The rise of ‘hoax news’ is thus a reflection of longer-term failures in these areas, rather than something that can be fixed immediately or easily.”

For now, Indonesia’s government is taking a different approach: a special body has been created within the National Police to target fake news creators as part of the February expansion of the cyber crimes unit from 40 officers to 100. And the Communications and Information Ministry has also teamed up with Google to roll out the Trusted Flagger Program in which volunteers can tip off the internet giant about fake news, radical or otherwise untrustworthy content on a number of its sites, including YouTube.

Dispelling hoaxes

Meanwhile, two civil society groups – the powerful Nahdlatul Ulama, Indonesia’s largest Muslim organization, and Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia (Mafindo) – launched the #TurnBackHoax campaign following the divisive and bitter gubernatorial election.

The campaign uses social media to dispel hoaxes and fake stories, but with an estimated 88.1 million Indonesians active online, volunteers and activists remain in the minority. Nevertheless, the team behind the campaign remains optimistic about gaining traction, with Mafindo co-founder Aribowo Sasmito pointing to growing membership of their active Anti-Slander, Sedition and Hoax Forum.

But, he says, fake news needs a multi-pronged response. “Mafindo is about debunking and education, but the result will not be as fast as the government’s approach with law enforcement,” Sasmito says.

“The government’s [current] approach is short-term as it does not engage directly with the anti-hoax movement.”

Sasmito also says that global players such as Facebook, Twitter and Google must take a more active role in combating fake news.

“We have met with some of them and typically their response is: we know the accounts that spread hoaxes, we know the networks, we have the means to stop them but we are not a censorship agent,” he says.

But, while taming the fake news beast is an ongoing challenge, there are some positives on the horizon, according to Sasmito: “The good news is they will do their best to provide help and assistance to the anti-hoax movement, and Mafindo is already working with some platform and media providers.”

“Mafindo is about debunking and education — [which is not] as fast as… law enforcement”

Fake News
Indonesia
ERIN COOK
Erin Cook is a Jakarta-based journalist covering Asean and Southeast Asian politics. She curates the Dari Mulut ke Mulut newsletter, bringing together the top stories and best in analysis from the region every Friday. Follow Erin Cook on Twitter.”

SUMBER: https://www.thesplicenewsroom.com/saracen-indonesia-fake-news/