(HOAX) Makam Berdarah

Sumber: Media Sosial

Narasi:

Sejak Minggu 8 Oktober 2017 lalu, masyarakat Kota Balikpapan dibuat heboh adanya makam yang mengeluarkan darah atau disebut makam berdarah. Yaitu sebuah makam seorang perempuan yang mengeluarkan cairan seperti darah. Kabar tersebut pun menjadi tersebar dan viral di masyarakat.

Penjelasan:

Eddy Hasan, anggota Forum RT di Kawasan Bukit Damai Sentosa 2 yang menjelaskan mengapa lubang yang mengeluarkan cairan itu ditutup, dan apa yang sebenarnya terjadi sehingga keluarnya cairan mirip darah.

Makam berdarah

Eddy Hasan mengatakan, makam berdarah atau mengeluarkan cairan seperti darah itu sebenarnya bukanlah darah dalam arti yang sebenarnya. Kata Eddy, cairan itu hanyalah getah dari kayu ulin yang terpotong saat menggali kubur jenazah wanita tersebut. Kemudian cairan tersebut bercampur dengan unsur batu bara yang terkandung di tanah pemakaman tersebut.

“Jadi, tidak ada makam berdarah atau mengeluarkan darah. Kami dari forum RT juga telah memeriksa air itu dan kami sekali nyatakan tidak benar. Ini kami informasikan agar masyarakat tidak bingung,” tegas Eddy Hasan.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka kabar makam berdarah tidak benar. Dengan demikian, kabar tersebut masuk kategori hoax.

Referensi:

https://www.oranyenews.com/2017/10/3499/misteri-makam-berdarah-akhirnya-terkuak-kebenarannya/

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/541382832860923/