[HOAX] Begal Pocong 2017

SUMBER: (1) https://goo.gl/XNhYWT, akun “Irfan”. Sudah dibagikan 22.731 kali ketika tangkapan layar dibuat.
(2) https://goo.gl/5zwtMA, Halaman (Page) “Boy Anak Jalanan”. Sudah dibagikan 2.763 kali ketika tangkapan layar dibuat.

NARASI: “cuma ngasi info ni !! bagi pengendara roda2 roda4 , kalo yang ketemu kaya gini tabrak aja !! begal di tahun 2017 kaya gini
-kerawang,cikarang, kotawisata,kali CBL di Bktnya !!”

PENJELASAN: hoax yang sudah pernah beredar dan terbongkar (debunked) tahun lalu, perbedaan dengan versi tahun lalu adalah lokasinya,
“Kasat Reskrim Grobogan Sebut Kabar Begal yang Menyaru Jadi Pocong di Wilayahnya, Hoax
Kamis, 8 September 2016 14:18
Laporan Wartawan Tribun Jateng, Puthut Dwi Putranto
TRIBUNJATENG.COM, GROBOGAN – Kasat Reskrim Polres Grobogan, AKP Agung Ariyanto, menegaskan jika kabar yang santer di media sosial terkait begal berkedok pocong berkeliaran di sepanjang jalan Hutan Gundih, Kabupaten Grobogan tidak benar alias hoax.
Menurut Agung, kabar tersebut merupakan ulah dari oknum yang tak bertanggungjawab untuk memicu keresahan di kalangan masyarakat. Sebab, sambung dia, selama ini pantauan pihak kepolisian, lokasi yang dimaksud terhitung aman.
“Wah kabar hoax itu. Tidak benar ada begal yang malsu pocong di jalan hutan Gundih. Aman-aman saja karena kami rutin patroli disana,” tegas Agung kepada Tribun, Kamis (08/9/2016).
Agung mengimbau kepada masyarakat tidak terpancing dengan isu tak sedap itu. Agung memastikan jalan di kawasan hutan Gundih aman dari aksi kriminalitas.
“Saya minta masyarakat jangan khawatir dengan kabar bohong itu,” pungkas Agung.
Sebelumnya, sebanyak dua foto yang beredar di media sosial Facebook. Foto tersebut menampakkan seseorang yang terbungkus kain putih ini tergeletak di tengah jalan.
Foto yang tersebar pada Rabu (7/9/2016) ini langsung viral di sosial media. Seseorang yang terbungkus kain putih ini diduga menyamar sebagai pocong untuk melancarkan aksi jahatnya.
Di lokasi yang tidak diketahui ini, orang tersebut merupakan penjahat begal yang sengaja menyamar dan menakut-nakuti pengendara di jalan. Akun Facebook bernama Ahonk yang membagikan foto tersebut pun juga menuliskan caption berikut ini.
“Hati hati ada modus begal baru, kalo ketemu tabrak aja, kalo emg pocong beneran gak mati kok … kalo pun mati keluarganya nuntut kita sewa pengacara aja kita gedein kasusnya, pasti kalah.”
Foto ini dalam sekejap langsung tersebar di dunia maya.
Banyak yang memberikan komentarnya, mulai dari yang menyayangkan tindakan tersebut hingga ada yang mengaku pernah melihat kejadian tersebut.
“Daerah purwodadi kwi.ng alas gundi.ak pernah ngerti dwe…meh tak tabrak mlayu wonge (daerah Purwodadi itu, di alas gundi, aku pernah lihat sendiri. Mau aku tabrak, dia lari),” tulis akun bernama Heri Kristanto.
“Yach. mari kita doa kn sj. smg cita2nya kepinggin dipocong biar segera terlaksana. klu di jln gitu. berarti pinggin ketindas mobil,” tulis Mas Nur L.” https://goo.gl/Poa2UD

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/533969870268886/