[HOAX] Foto oknum petugas serta Surat tugas PLN palsu

SUMBER : WHATSAPP

NARASI : Awas penipuan jangan dilayani apabila ada petugas PLN yang datang kerumah teman-teman ada yang membawa surat tugas seperti ini jangan dilayani karena inipenipuan, sebab PLN tidak pernah mengeluarkan surat tugas seperti ini harap, “WASPADA”

PENJELASAN :

beberapa hari terakhir ini, media sosial ramai soal informasi foto adanya oknum petugas PLN gadungan di daerah cirebon terkait dengan modus yang menawarkan paket subsidi dengan harga Rp 450.000 dan 850.000. untuk memperkuat modusnya oknum tersebut juga memperlihatkan selembar surat tugas yang mencantumkan harga serta syarat dan ketentuan. Humas PT PLN area cirebon, Amir Machmud membenarkan pria di foto yang beredar tersebut adalah petugas resmi PLN. Namun foto terpisah berupa surat tugas PLN yang ditampilkan jadi satu gambar itu dipastikan palsu.

Amir juga mengatakan, berita yag beredar di pesan berantai tersebut dikhawatirkan dapat mempengaruhi psikologis serta keselamatan petugasnya saat bertugas. Menurut dia, kewaspadaan pelanggan PLN terhadap petugas palsu memang merupakan hal yang wajar. Namun dirinya menyayangkan kecerobohan pelanggan yang langsung mempublikasikan tanpa mengklarifikasi terlebih dahulu. PLN menghimbau agar warga atau pelanggan memeriksa surat tugas petugas yang hendak mengecek kWh meter. Secara fisik, surat tugas palsu dan resmi petugas pemeriksa kWh meter itu terlihat jelas perbedaanya. Jika surat palsu itu berwarna biru dengan SK dari Menteri PU, sementara surat tugas resmi berwarna putih tanpa SK Meteri PU.

Catatan : Berdasarkan informasi tersebut maka disimpulkan bahwa pesan berantai mengenai foto oknum PLN yang beredar di masyarakat adalah hoax

LINK FAFHH : https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/533615630304310/