[KLARIFIKASI] “Ketangguhan masyarakat Bali dilemahkan oleh medsos seperti ini.”

SUMBER: (1) https://goo.gl/fpJWkn
(2) https://goo.gl/fZsSjo

NARASI: (1) “#save_karangasem
saya ingin brtanya kpda bpak gubernur bali dan bpak presiden republik indonesia..
1: kpda yth bpak gbernur bali sya mau tanya, apa beda nya kami dngn umat lain?? ktika umat lain punya acra di agma nya,bpak dngn senang hati mmbrikan bus mudik gratis kpda mreka,,,!!!!! smntra skrang msyarakat krangasem yg asli bali dan pasti ada yg mmlih bpak untuk mnjdi orang nomor 1 di pulau ini kna musibah alm gunung agung,mreka mngungsi ksna kmari tnpa tjuan sampai mngorban kn hrta bnda mreka dmi mnylmat kn nyawa,bhkan ada di daerah krangasem minta bntuan mtor untuk evakuasi msyarakat,,tidak kh ada bus gratis buat mreka yg mmbtuh kn untuk mngungsi?????? sperti bus gratis mudik yg bpak brikan kpda umat lain?????
2: kpda yth bpak presiden RI ,sya mau tnya apa beda nya kami dngn pngungsi rohingya????? mreka pak ksi bntuan bertonton smntra untuk wrga asli indonesia apa ?, bali slah satu provinsi yg mmbrikan pmasukan pling bsar di indonesia,tp dngn kjdian yg skrang ini seolah pak lupa dngn kami;,apa krna rohingya seumat dngn bpak hingga bgitu special nya mreka????
cuma itu sja yg ingn sya tnyakan .!!! #savekarangasem
#savegunungagung
#satunusasatubangsa”.
(2) Tulisan “#save_karangasem” di awal narasi dirubah ke “saya orang karangasem”, selanjutnya sama dengan narasi di poin (1).

PENJELASAN: (1) “Ketangguhan masyarakat Bali dilemahkan oleh medsos seperti ini. Masyarakat Bali dianggap tak berdaya & Pemerintah tidak berbuat. Ini salah.” https://goo.gl/XjjQ85 (@Sutopo_BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Kapusdatin Humas BNPB).
(2) https://goo.gl/p68mkd, laman sumber foto yang digunakan oleh status pertama (versi yang sudah di-crop).
(3) https://goo.gl/F62awu, pencarian menggunakan Google Image Search tidak menemukan hasil yang cocok untuk status yang kedua. Sepertinya koleksi pribadi.

CATATAN: https://goo.gl/eFUpqD, pencarian menggunakan Google Image Search tidak menemukan sumber foto lain.

LINK FAFHH : https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/532973470368526/