[DISINFORMASI, HASUT] Penangkapan Tersangka Teroris & Temuan Bom di Bekasi adalah Usaha Pengalihan isu.

Sumber : Media Sosial

Narasi :

 

Penjelasan & Fakta :

Para tersangka ini sudah lama menjadi incaran. Tepatnya sejak paska bom Sarinah di bulan Januari 2016. Selama 10 bulan, mereka berada dalam pengawasan polisi / densus 88.

Seperti dikutip dari liputan6.com, Seorang warga bernama Aryani menuturkan pos ronda itu dibangun hanya berjarak 2 rumah dari kediaman terduga teroris. “Pantesan saja ada yang bangun pos ronda dadakan,” kata‎ dia heran, Tangerang, Minggu (21/2/2016).

Menurut dia, bangunan pos ronda dibangun semi permanen terbuat dari kayu. Berdirinya sendiri tak lama atau beberapa hari setelah kejadian teror Sarinah-Thamrin terjadi.

Meski begitu, tak ada warga sekitar yang curiga mengapa pos ronda tersebut berdiri. Padahal, pos tersebut bukan didirikan oleh ketua RT setempat, melainkan oleh pendatang yang juga mengontrak di depan pos ronda itu

“Kami juga merasa aman kan ada pos ronda. Tiap malam enggak pernah kosong selalu ada yang jaga, sambil main gaple (domino). Malah ada beberapa bapak-bapak sini ikut nimbrung,” tutur wanita yang berprofesi sebagai guru itu.

Aryani mengungkapkan, warga yang bermain domino di pos tersebut selalu berbeda-beda tiap malamnya. Sementara, bersebelahan dengan pos ronda yang diduga dibangun Densus 88 itu juga kerap mangkal tukang nasi goreng keliling. Ada beberapa warga yang sempat menjadi pelanggan tetap nasi goreng tersebut.

“Barusan istri saya bilang, ternyata tukang nasi goreng‎ yang biasa mangkal di deket pos tadi, bawa senjata laras panjang,” ujar Amir.

Bukan hanya pedagang nasi goreng saja, Amir mengatakan, semua warga yang biasa bermain domino di pos ronda dadakan itu juga membawa senjata saat penangkapan terduga teroris. “Iya, yang nangkap teroris tadi ternyata yang sering nongkrong di pos ronda,” kata Amir bernada takjub.

Referensi : http://m.liputan6.com/news/read/2441903/kala-densus-88-menyamar-jadi-tukang-nasi-goreng-di-tangerang

https://www.express.co.uk/news/world/742204/Nigeria-terror-attack-suicide-bombing-market-deaths

http://edition.cnn.com/2016/12/11/world/weekend-terror-attacks/

http://www.tribunnews.com/regional/2016/12/11/inilah-bom-berbentuk-rice-cooker-di-bekasi-yang-memiliki-daya-ledak-tinggi

http://news.liputan6.com/read/2675121/polisi-temukan-bom-rice-cooker-di-kontrakan-teroris-bekasi

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/388307341501807/

About Levy Nasution 371 Articles
Journalist, traveller