[HOAX] Video Trailer Film Riyanto

Sumber : Media Sosial

Narasi :

Penjelasan & Fakta :

Sebuah video viral, salah satunya dibagikan di forum The Lost History of Nusantara dengan deskripsi “Berikut ini adalah sebuah trailler film yang Mengisahkan Gugurnya Riyanto anggota BANSER NU Mojokerto Jatim yang dengan pengorbanannya itu sudah menyelamatkan Ratusan Nyawa Jemaat Gereja di Mojokerto Jawa Timur.”

Sementara memang ada banser NU, Riyanto yang gugur saat menjaga gereja, menjadikan dirinya tameng agar bom tidak melukai yang lain (semoga seluruh amalnya diterima oleh Allah subhaanallahu wa ta’ala), video ini bukan trailer film yang mengisahkan Riyanto.

Karakter yang ditunjukkan video ini adalah Sholeh, diperankan oleh Reza Rahadian, karakter dari film Tanda Tanya yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Karakter fiktif Sholeh memang diinspirasi oleh tindakan heroik Riyanto. Yang membedakan karakter fiktif Sholeh dengan Riyanto adalah, di awal hingga tengah cerita, Sholeh adalah seorang rasis dan anti non-Muslim hingga kemudian kawan-kawan Banser-nya mengubah pola pikir Sholeh hingga ia bahkan rela berkorban.

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/388078694858005/

About Levy Nasution 249 Articles
Journalist, traveller