[HOAX] Pegawai Honorer K2 Meninggal Dunia Saat Demo di Istana

SUMBER: Media Online (https://www.jpnn.com/news/innalillahidua-honorer-k2-meninggal-di-depan-istana)

NARASI: Innalillahi..Dua Honorer K2 Meninggal di Depan Istana

PENJELASAN:
Kabar yang mengatakan ada beberapa pegawai honorer Kategori Dua (K2) yang meninggal saat melakukan demonstrasi di depan Istana Negara dengan tuntutan agar diangkat menjadi PNS, mengalami simpang siur. Namun, jika merujuk pada lokasi dilakukannya demonstrasi, terungkap fakta tidak ada pegawai honorer K2 yang meninggal.

Ketua Forum Honorer K2 Indonesia, Titi Purwaningsih menjelaskan unjuk rasa yang diikuti ribuan pegawai honorer selama beberapa hari telah mengakibatkan lima (5) orang meninggal dunia. Namun mereka meninggal bukan saat berunjuk rasa, melainkan dalam perjalanan menuju Jakarta dan pulang usai berdemonstrasi, faktor kelelahan diduga menjadi penyebab mereka meninggal.

“Mereka itu ada yang meninggal saat pulang ke daerahnya, ada yang meninggal saat perjalanan ke sini (Jakarta),” katanya, Jumat (12/2/2016).

Senada dengan Titi, Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Hendro Pandowo menegaskan tidak ada honorer yang meninggal ketika melakukan aksi unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta. “Itu hoax, kalau pun ada saya tentunya monitor dong,” tegasnya.

REFERENSI:
1. http://news.liputan6.com/read/2435044/ini-penyebab-kematian-5-guru-dan-pegawai-honorer-demonstran
2. https://www.jpnn.com/news/tak-ada-honorer-meninggal-saat-demo-hanya-pusing-dan-pingsan
3. https://news.okezone.com/read/2016/02/12/338/1310424/kapolres-jakpus-bantah-ada-guru-honorer-tewas-saat-demo

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/242411252758084/